PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA KARTU PRABAYAR TELKOMSEL

PRATAMA, ALVIN YOGA and Al Amin, Nur Hidayah (2022) PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA KARTU PRABAYAR TELKOMSEL. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.

[img] Text
Alvin Yoga Pratama - Alvin Pratama.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel mediasi pada pengguna kartu prabayar Telkomsel. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat domisili di Kecamatan Kalijambe pengguna kartu telkomsel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan jenis sampling yaitu purposive sampling dengan sampel berjumlah 112 responden. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tiga, yaitu variabel dependen (Y), variabel independen (X) dan variabel mediasi (Z). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah loyalitas konsumen. Untuk variabel independen dalam penelitian ini ada dua, yaitu citra merek dan harga. Sedangkan untuk variabel mediasi dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, analisis jalur dan uji sobel, sedangkan pengolahan data menggunakan program IBM SPSS 23. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya dalam penelitian ini ditunjukkan bahwa keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keputusan pembelian dapat memediasi pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, keputusan pembelian juga dapat memediasi pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen. Kata Kunci : citra merek, harga, keputusan pembelian, dan loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:15
Last Modified: 08 Mar 2023 01:15
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4540

Actions (login required)

View Item View Item