IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB JAZARIYAH DI PONDOK PESANTREN JABAL THARIQ MIRI SRAGEN TAHUN AJARAN 2021 / 2022

Syakur, Albert Taqy Asy and Ma'shum, Qodim (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB JAZARIYAH DI PONDOK PESANTREN JABAL THARIQ MIRI SRAGEN TAHUN AJARAN 2021 / 2022. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.

[img] Text
Albert Taqy Asy Syakur - Albert Taqy.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Asy Syakur, Albert Taqy. 2022. Implementasi Pembelajaran Kitab Jazariyah di Pondok Pesantren Jabal Thariq Miri Sragen Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah. UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing: Qodim Ma‟shum, S.H.I, M.H.I Kata kunci: Implementasi, kitab Jazariyah, Pondok Pesantren Kemampuan membaca Al-Qur‟an para santri di Pondok Pesantren Jabal Thariq Miri Sragen masih terbilang kurang baik. Pada kenyataannya agar dapat membaca Al-Qur‟an dengan fasih dan tartil perlu adanya pembelajaran bertahap dan mendalam. Maka dari itu langkah yang dilakukan pihak pondok pesantren adalah mengadakan pembelajaran kitab Jazariyah agar para santri mampu menguasai kaidah-kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kitab Jazariyah di MTs Pondok Pesantren Jabal Thariq Miri Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan waktu penelitian bulan Februari 2022-Mei 2022. Subjek penelitian adalah pengajar sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Jabal Thariq Miri Sragen dan perwakilan 3 santri Pondok Pesantren Jabal Thariq Miri Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pembelajaran kitab Jazariyah terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutup. Adapun tahap persiapan meliputi 1) menetapkan tujuan, 2) menetapkan materi dan 3) menetapkan metode pembelajaran. Kemudian tahap pelaksanaan yaitu 1) kegiatan pendahuluan meliputi pembukaan, pembacaan Al-Qur‟an dan pembacaan nadhom, 2) kegiatan inti meliputi penyampaian dan penjelasan materi dan, 3) kegiatan penutup. Tahap terakhir adalah tahap evaluasi. Dalam implementasi tersebut terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi berjalannya implementasi yaitu faktor pendukung seperti 1) pengajar yang kompeten, 2) manajemen pembelajaran, 3) fasilitas pembelajaran dan faktor penghambat seperti 1) kemampuan santri yang beragam, 2) semangat dan minat santri yang berubah, 3) kurangnya motivasi santri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kitab Jazariyah dapat berjalan dengan baik dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:15
Last Modified: 08 Mar 2023 01:15
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4529

Actions (login required)

View Item View Item