MANAJEMEN SISTEM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DAERAH KARANGANYAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN TAHUN 2017/2018

M, TJ. Jamaluddin and Dr., Yusup Rohmadi, M.Hum (2018) MANAJEMEN SISTEM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DAERAH KARANGANYAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
TM.JAMALUDDIN.M.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pelaksanaan manajemen sistem Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) daerah Karanganyar berhasil atau tidak dalam meningkatkan mutu pendidikan. 2) Faktor penghambat pelaksanaan manajemen sistem Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Daerah Karanganyar dalam meningkatkan mutu pendidikan. 3) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen sistem Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Daerah Karanganyar dalam meningkatkan mutu pendidikan tahun 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan bertempat di JSIT Daerah Karanganyar, dilakukan pada bulan Januari-Maret 2018. Subyek dari penelitian ini adalah Manajemen Sistem Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Objek dari penelitian ini adalah meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan informan adalah kepala koordinator JSIT, kepala sekolah, guru, karyawan, dan orangtua wali murid JSIT Daerah Karanganyar. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Milles dan Huberman. Adapun kesimpulan dari penelitian tentang manajemen sistem Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) daerah Karanganyar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan adalah sebagai berikut;1) Pelaksanaan manajemen Sistem JSIT Daerah Karanganyar mampu meningkatkan mutu pendidikan. Yaitu dengan diadakannya pelatihan serta pembinaan secara intensif dan efektif bagi guru dan karyawan SIT-SIT sehingga secara kualitas senantiasa meningkat. Selian itu peningkatan mutu pendidikan secara kuantitas maupun kualitas bagi peserta didik juga demikian. Dengan diadakannya Tryout JSIT mandiri serta lomba-lomba yang memicu kemampuan siswa, sehingga siswa senantiasa memiliki semangat berkompetisi dengan SIT dan sekolah-sekolah yang lainnya. 2) Faktor penghambatnya adalah tidak semua pengurus dan kepala sekolah mampu untuk selalu hadir dalam koordinasi yang dilaksanakan JSIT, ini karena jarak dan amanah yang double di SIT. 3) Faktor pendukungnya adalah SIT-SIT yang tergabung dalam JSIT itu sendiri yang selalu konsisten mengikuti koordinasi dari JSIT. Mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata. Serta animo masyarakat yang memiliki persepsi yang baik terhadap SIT dibawah keanggotaan JSIT. Kata Kunci: Manajemen Sistem JSIT

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item View Item