UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Taufiqurrohman, Muhammad and Sukirman, Sukirman (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD TAUFIQURROHMAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Muhammad Taufiqurrohman. 2018. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Siswa di SMP Negeri 3 Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Sukirman, M.Ag Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Motivasi belajar PAI Siswa yang rendah, hal ini disebabkan karena naik turunnya minat belajar siswa dan juga metode serta media yang digunakan oleh guru kurang menarik untuk meningkatkan motivasi atau minat belajar pada siswa. Selain itu juga disebabkan karena siswa kurang atau tidak menyukai materi yang diajarkan serta kurang suka terhadap cara guru dalam menyampaikan materi. Terbukti mayoritas siswa ada yang ramai ketika guru menjelaskan , ada yang tidak menyimak penjelasan guru, ada bermain hand phone ketika guru menerangkan materi terkesan tidak tertarik pada pembelajaran. Sehingga guru harus melakukan upaya dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa, supaya motivasi belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa di SMPN 3 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sambirejo pada bulan November sampai februari tahun 2017-2018. Subyek penelitian adalah Guru PAI di SMPN 3 Sambirejo, sedangkan informan adalah Kepala sekolah dan siswa di SMPN 3 Sambirejo. Kegiatan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau veritifikasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikana Agama Islam diantaranya adalah 1) menerapkan metode yang bervariasi dengan penggabungan metode , 2) penggunaan media yang menarik, 3) penerapan system penggulangan secara klasikal, 4) pemberian evaluasi, 5) pemberian hadiah. Sedangkan sebagian penghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi adalah 1) sebagian siswa kurang memahami materi, 2) kurangnaya siswa dalam minat dan semagat belajar, 3) tidak adanya media yang menarik dalam belajar, 4) kurangnya adaptasi pada pelajaran dengan praktik langsung, 5) materi yang terlalu banyak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:11
Last Modified: 26 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item View Item