SETYOWATI, CORNELIA ADING and Wahyuningsih, Retno (2022) KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH DESA JATI KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.
Text
ALL SKRIPSI_REV Munaqosah-2 - Cornelia Ading.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Cornelia Ading Setyowati, 2022, Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok A Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Jati Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing: Dr. Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd Kata Kunci: Kemandirian, Anak Usia Dini, sosial, emosional Kemandirian dari anak usia dini berkembang secara bertahap sejalan dengan tingkat perkembangannya, dengan demikian diperlukan adanya indikatorindikator yang jelas dalam menerapkan instrumen tingkat perkembangan anak guna mencatat hasil perkembangan anak usia dini terutama pada anak yang masih sulit mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemandirian anak usia dini pada kelompok A Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Jati Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan statistik deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Desa Jati, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia dini kelompok A dengan jumlah 40 anak. Teknik sampling penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan total sampling, dengan demikian sampel penelitian sebanyak 40 anak. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang diisi oleh guru, yakni untuk mengukur kemandirian anak usia dini kelompok A berdasarkan aspek sosial emosioanal melalui indikator pencapaian yang meliputi: tanggung jawab menyelesaikan tugas sendiri, pengambilan keputusan, percaya diri dan inisiatif. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif meliputi mean, median, modus, standar deviasi dan persentase. Kemandirian anak usia dini kelompok A cenderung mulai berkembang (MB) atas seluruh indikator sosial emosioanal dengan total rata-rata penilaian sebesar 3,0. Rata-rata penilaian paling tinggi berada pada indikator inisiatif yaitu sebesar 3,3 dengan skala mulai berkembang. Sedangkan indikator percaya diri menunjukkan rata-rata penilaian terendah yakni 2,7 yang berada pada skala berkembang sesuai harapan atau mulai berkembang. Kemandirian anak usia dini kelompok A sebagian besar berada pada interval (63-67) yaitu 11 anak (27,5%) dan 8 anak (20,0%) dengan interval (68-73). Hasil analisa persentase kemandirian anak usia dini kelompok A Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Jati Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 berdasarkan aspek sosial emosioanal berada pada kategori mulai berkembang (MB) yaitu sebanyak 25 anak atau sebesar 62,5%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Muhammad Suwardi Abdullah |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 01:15 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 01:15 |
URI: | http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4538 |
Actions (login required)
View Item |