PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED RISK, ATTITUDE, SUBJECTIVE NORM DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP INTENTION TO USE APLIKASI LAYANAN MOBILE PAYMENT OVO

RAMADAYANTI, ALDIA TREE and Auliya, Zakky Fahma (2022) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED RISK, ATTITUDE, SUBJECTIVE NORM DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP INTENTION TO USE APLIKASI LAYANAN MOBILE PAYMENT OVO. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.

[img] Text
Aldia Tree Ramadayanti - Aldia Tree Ramadayanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness, perceived risk, attitude, subjective norm dan perceived ease of use terhadap intention to use aplikasi layanan mobile payment OVO di Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui aplikasi layanan mobile payment OVO yang berdomisili di Boyolali. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 190 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang dianalisis dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived risk tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap intention to use. Sedangkan perceived usefulness, perceived ease of use, attitude dan subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya perceived risk belum tentu menjadi faktor penentu yang signifikan pada intention to use. Sedangkan, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude dan subjective norm mampu mempengaruhi niat konsumen untuk menggunakan aplikasi layanan mobile payment OVO sehingga perusahaan OVO diharapkan harus lebih memperhatikan hal-hal tersebut untuk meningkatkan niat konsumen untuk menggunakan mobile payment OVO. Kata Kunci : perceived usefulness, perceived risk, perceived ease of use, attitude, subjective norm, intention to use

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:15
Last Modified: 08 Mar 2023 01:15
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item View Item