HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KADARNINGSIH, SRI (2014) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
2014TS0032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Kadarningsih NIM. 11.403.3.1.036 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) hubungan antara kompetensi pedagogik dengan profesionalisme guru MI di Kecamatan Kalikotes, 2) hubungan antara kompetensi kepribadian dengan profesionalisme guru MI di Kecamatan Kalikotes, 3) hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian secara bersama-sama dengan profesionalisme guru MI di Kecamatan Kalikotes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan di 3 MI Kecamatan Kalikotes. Populasi penelitian adalah seluruh guru MI di Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten yang berjumlah 34 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket. Instrumen diuji coba menggunakan validitas butir dan reliabilitas teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan profesionalisme guru dengan sumbangan kepada profesionalisme guru sebesar 30,3%. Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian dengan profesionalisme guru dengan sumbangan kepada profesionalisme guru sebesar 31,2%. Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian secara bersama-sama dengan profesionalisme guru di Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten dengan sumbangan sebesar 32,9% sedangkan 67,1% dipengaruhi faktor lain. Hasil analisis regresi ganda diperoleh regresi ganda R12 sebesar 0,329 dengan signifikansi koefisien regresi ganda F sebesar 7,609 dengan persamaan regresi linear Y = 80,615 + 3,043 X1 + (-2,425) X2. Koefisien korelasi antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian secara bersama-sama dengan profesionalisme guru dengan ryl = 0,574. Kata Kunci : Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, profesionalisme guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email syihabumillamanan@gmail.com
Date Deposited: 04 Mar 2016 02:49
Last Modified: 04 Mar 2016 02:49
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item