PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA BISNIS ISLAM, ORIENTASI IDEALISME, ORIENTASI RELATIVISME, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN (STUDI EMPIRIS PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA)

Ana, Purnama Pratiwi and Usnan, SEI, MEI (2017) PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA BISNIS ISLAM, ORIENTASI IDEALISME, ORIENTASI RELATIVISME, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN (STUDI EMPIRIS PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIP Ana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT This research aims to know the factors that affect perception of ethical Islamic accounting student of the Faculty of Economics and business (FEBI) Islamic State Islamic Institute of Surakarta over the unethical behavior of accountants. The population in this research is the whole Islamic accounting student semester eight in IAIN Surakarta. The selection of the sample using a purposive sampling and samples used as many as 106. Type of this research is quantitative research. Analysis device used is multiple linier regresion. The results showed that the Islamic business ethics education, the orientation of relativism, and religiosity is a factor that significantly affect ethical perception of unethical behavior over student accountant, while for the orientation of the idealism does not affect the perception of ethical accounting students over the unethical behavior of accountants. Keywords: Unethical behavior, education, business ethics, orientation idealism, orientation relativism, religiosity 3 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Surakarta atas perilaku tidak etis akuntan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi syariah semester delapan di IAIN Surakarta. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 106. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan etika bisnis Islam, orientasi relativisme, dan religiusitas merupakan faktor yang secara signifikan mempengaruhi persepsi etis mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan, sedangkan untuk orientasi idealisme tidak mempengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan. Kata kunci: Perilaku tidak etis, pendidikan etika bisnis, orientasi idealisme, orientasi relativisme, religiusitas

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:13
Last Modified: 28 Sep 2017 03:13
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item