PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DINIYAH HAMZAH JAWENG PELEM SIMO BOYOLALI TAHUN 2016

Muhammad, Fathoni and Drs. H., Suparmin M.Pd. (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DINIYAH HAMZAH JAWENG PELEM SIMO BOYOLALI TAHUN 2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fathoni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Islam, Madrasah Diniyah Madrasah Diniyah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia mempunyai peran yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Tujuan didirikannya Madrasah Diniyah adalah untuk mencetak ganerasi qur‟ani yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia. Madrasah Diniyah Hamzah merupakan salah satu Madrasah Diniyah yang ada di Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Dalam pelaksanaan pendidikan Islam, di Madrasah Diniyah Hamzah masih ditemukan beberapa permasalahan. Di antaranya, masih ada para siswa yang belum bisa membaca Al Qur‟an, masih ada siswa yang kurang memperhatikan ketika guru sedang menerangkan, serta masalah sarana dan prasarana untuk mendukung berjalannya pendidikan Islam di Madrasah Diniyah ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Hamzah Jaweng Pelem Simo Boyolali Tahun 2016. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Hamzah Masjid Muttaqin Dusun Jaweng, Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali pada bulan Oktober 2015 sampai Maret 2016. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah Diniyah Hamzah, sedangkan informan penelitian adalah guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat ditarik kesimpulan bahwa guru di Madrasah Diniyah Hamzah telah menggunakan metode pendidikan yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa agar tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Metode pendidikan yang bervariasi dapat meningkatkan perhatian dan semangat peserta didik dalam proses pendidikan. Materi pendidikan Islam yang diajarkan meliputi pendidikan akhlaq, pendidikan amaliah, dan pendidikan lahiriah. Materi pendidikan Islam tersebut diambil dari berbagai kitab yang ada di Pondok Pesantren Salafiyah, Pulutan, Salatiga yang berada di bawah naungan Nahdhatul Ulama (NU). Pelaksanaan pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Hamzah Jaweng Pelem Simo Boyolali Tahun 2016 juga telah mencakup 3 aspek pendidikan, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sehingga para peserta didik tidak hanya mempunyai pengetahuan tentang Islam, akan tetapi juga dapat bersikap sesuai yang diajarkan dalam Islam serta mempunyai keterampilan dalam menjalankan agama Islam. Keywords: Islamic Education, Madrasah Diniyah Madrasah Diniyah is one institution of Islamic education in Indonesia has a very important role for the intellectual life of the nation. The objective of establishing Madrasah Diniyah is to print ganerasi qur'ani the faith and piety and morality. Hamzah Diniyah Madrasah Madrasah is one Diniyah in Sub Simo, Boyolali. In the implementation of Islamic education in Madrasah Diniyah Hamzah still found some problems. Among them, there are students who can not read the Koran, there are students who are not paying attention when the teacher was explaining, as well as the problems of facilities and infrastructure to support the passage of Islamic education in Madrasah Diniyah this. The purpose of this study was to determine how the implementation of Islamic education in Madrasah Diniyah Hamzah Jaweng Pelem Simo Boyolali 2016. In this study, researchers used a descriptive qualitative research methods. This research was conducted in Diniyah Hamzah Mosque Madrasah Muttaqin Jaweng Dusun, Desa Pelem, District Simo, Boyolali in October 2015 to March 2016. The subjects were Principals Diniyah Hamzah, while the research informants were teachers, students, parents, and community around. Data were collected through observation, interviews, and documentation. To view the validity of the data used triangulation of sources and methods. The data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation and conclusion. Based on the research that has been done by researchers, it can be deduced that the teacher at Madrasah Diniyah Hamzah have used varied methods of education to attract students' attention so as not to get bored in the course. Varied educational methods can improve the attention and enthusiasm of learners in the educational process. Educational materials covering Islam teaches moral education, education amaliah and external education. The Islamic Educational material taken from various books in Islamic Boarding School Salafiyah, Pulutan, Salatiga, which is under the auspices of the Nahdlatul Ulama (NU). Implementation of Islamic education in Madrasah Diniyah Hamzah Jaweng Pelem Simo Boyolali 2016 also includes three aspects of education, namely cognitive, affective, and psychomotor. So that learners do not only have knowledge about Islam, but also be able to act in accordance taught in Islam and have skills in running the Islamic religion.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 24 Aug 2017 02:12
Last Modified: 24 Aug 2017 02:12
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item