PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL QUR’AN PADA KAJIAN IBU-IBU AISYIAH RANTING SURUHKALANG, JATEN, KARANGANYAR

Zailani, Abdul Aziiz and Dr., Imam Makruf, M.Pd (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL QUR’AN PADA KAJIAN IBU-IBU AISYIAH RANTING SURUHKALANG, JATEN, KARANGANYAR. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Zailani Abdul Aziz.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran, Al Qur‟an, Kajian Ibu-Ibu Aisyiyah Pembelajaran al Qur‟an di daerah Suruhkalang pada masa sekarang sudah banyak, namun hanya sedikit yang mampu bertahan eksistensinya dan keefektifan dalam mengembangkan pembelajaran Al Qur‟an. Keadaan lingkungan menjadi salah satu faktor untuk mencari solusi mengembangkan pembelajaran melalui metode dan materi pembelajaran Al Qur‟an yang ada. Metode dan materi pembelajaran menentukan ketertarikan minat dari siswa dan keefektifan dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an pada kajian ibu-ibu Aisyiah ranting Suruhkalang, Jaten, Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di desa Suruhkalang, Jaten, Karanganyar dan dilaksanakan mulai bulan April 2014 sampai Desember 2016. Subjek penelitian ini adalah ibu-ibu yang mengikuti kajian dan ustadz dan ustadzah kajian Aisyiah di Suruhkalang. Informan dalam penelitian ini adalah sesepuh, pengurus majelis taklim Aisyiah, serta masyarakat di desa Suruhkalang tersebut. Adapun metode-metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data penelitian ini adalah interview atau wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan kajian Aisyiah ranting suruh kalang. Dalam penelitian ini teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Dalam proses analisis data, peneliti menelaah data yang diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan, dokumentasi dan sebagainya yang berkaitan dengan pelaksanaan kajian Aisyiah ranting Suruhkalang dengan langkahlangkah : Reduksi Data, penyajian Data (Data Display) dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran Al Quran pada kajian ibu-ibu Aisyiah ranting Suruhkalang disusun berdasarkan analisis kebutuhan lingkungan, menentukan tujuan, menyusun kurikulum, metode pembelajaran dan kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan suatu program pengajaran. Pelaksanaan Program Pembelajaran Al Qur‟an Aisyiyah dibagi menjadi dua tahap yaitu pertama, pembelajaran baca dan tulis Al-qur‟an dengan metode sema‟an membaca ayat al qur‟an, Iqro dan juz amma khusus. Kedua, Pembelajaran tajwid dan tafsir isi kandungan serta sebagai materi tambahan yang meliputi Fiqih, ibadah, dan ilmu agama Islam yang lain. Kegiatan pembelajaran berlangsung selama 1 kali dalam 2 minggu, yaitu hari Ahad. Pembelajaran dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:07
Last Modified: 07 Aug 2017 02:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item