IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SRAGEN

FAIZAH, NINUK (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SRAGEN. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
2010TS0009.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang problematika yang dihadapi, solusi serta dampak yang diakibatkan dari pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Teras (MTsN) Kabupaten Boyolali. Pelaksanaan manajemen sekolah ini meliputi input, proses dan output Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan komite sekolah di MTsN Teras Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data diawali dengan mengumpulkan data dari hasil wawancara mendalam, observasi lapangan dan pencermatan dokumentasi, setelah itu dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Terdapat beberapa problematika yang mengganggu jalannya pelaksanaan MPMBM di MTsN Teras Boyolali yaitu: 1) Siswa kurang bersemangat dalam belajar, 2) SDM guru kurang memahami terhadap sistem pendidikan, 3) Sumber daya lain seperti perlengkapan, peralatan kurang lengkap dan kurang memadai, 4) Sumber dana yang dimiliki sangat terbatas. Dari beberapa permasalahan terkait dengan sumber daya tersebut telah dilakukan upaya solusi yaitu:1) Memberikan pengarahan kepada siswa dan pendekatan intensif kepada orang tua agar mengarahkan anak-anak mereka untuk lebih giat belajar, 2) Mengirim guru mengikuti forum-forum ilmiah, 3) Memaksimalkan fungsi penggunaan sumber daya tersebut, dengan menggunakan sumber daya yang ada sebaik-baiknya, 4) Mengajukan proposal bantuan dana kepada pemerintah ataupun menyampaikan permasalahan ini kepada komite madrasah ataupun kepada wali murid untuk mendapatkan jalan keluar terkait dengan pendanaan. Pelaksanaan MPMBM di MTsN Teras Boyolali memberikan dampak bagi madrasah, yaitu: 1)Terbentuknya komite madrasah, 2) Secara kelembagaan pelaksanaan MPMBM mampu meningkatkan animo masyarakat sehingga berdampak meningkatnya jumlah siswa baru, 3) Mampu meningkatkan keamanan lingkungan madrasah. Hasil penelitian ini perlu dikaji dan di bahas secara lebih mendalam agar hasil penelitian yang akan datang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email syihabumillamanan@gmail.com
Date Deposited: 02 Mar 2016 03:29
Last Modified: 02 Mar 2016 03:29
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item