HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN GURU PAI DENGAN AKHLAK SISWA KELAS IV DI MIN JONO TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ririn, Nur Fadhilah and Dr., Moh.Bisri, M.Pd (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN GURU PAI DENGAN AKHLAK SISWA KELAS IV DI MIN JONO TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Ririn Nur Fadhilah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Keteladanan Guru, Akhlak Siswa. Dalam proses perkembangan potensi siswa, fungsi keteladanan guru sangat diperlukan, sebab keteladanan guru ada hubungannya dengan akhlak siswa dimana nantinya akan mempengaruhi proses pertumbuhan jiwa siswa. Dalam sekolah tersebut terdapat akhlak siswa yang kurang baik. Misalnya mengucap katakata yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi siswa tentang keteladanan guru, 2) akhlak siswa kelas IV, 3) hubungan persepsi siswa tentang keteladanan guru PAI dengan akhlak siswa kelas IV di MIN Jono Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Jono Tanon Sragen pada tanggal 25 Mei – 14 Juni 2016, yang menjadi populasi yaitu siswa kelas IV MIN se-Kecamatan Tanon sebanyak 150 siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV MIN Jono sebanyak 50 siswa. Adapun teknik sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Probability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Uji validitas pada persepsi siswa tentang keteladanan guru 25 butir instrumen, dinyatakan 21 butir instrument valid dan pada akhlak siswa, 22 butir instrumen dinyatakan valid. Uji reliabilitas pada persepsi siswa tentang keteladanan guru, rhitung lebih besar dari rtabel. rhitung(0,858) > rtabel (0,423) maka reliabel. Dan akhlak siswa harga rhitung (0,895) > rtabel (0,423) maka reliabel. Uji normalitas pada persepsi siswa tentang keteladanan guru dengan harga chi kuadrat hitung sebesar χ 2 hitung (2,644) < χ 2 tabel (11,070) dikatakan normal. Uji normalitas pada akhlak siswa χ 2 hitung (6,497) < χ 2 tabel (11.07) dikatakan normal. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan:1) Persepsi siswa tentang keteladanan guru tergolong sedang dengan persentase 66% dengan jumlah responden 33 siswa. 2) Akhlak siswa tergolong cukup dengan persentase 56% dengan jumlah responden 28 siswa. Ini berarti tidak semua siswa memiliki akhlak yang baik. 3) Hasil analisis korelasi rxy menunjukkan bahwa besar nilai (rhitung 0,441> rtabel 0,279) dengan taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan persepsi siswa tentang keteladanan guru dengan akhlak siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jono Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:06
Last Modified: 04 Aug 2017 01:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item