PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMAN 1 SAMBUNGMACAN, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rina, Anjar Sari and Hj., Siti Choiriyah, S. Ag, M. Ag (2017) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMAN 1 SAMBUNGMACAN, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Rina Anjar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rina Anjar Sari, Januari 2017, Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMAN 1 Sambungmacan Sragen Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Hj. Siti Choiriyah, S. Ag, M. Ag Kata Kunci: Guru Agama Islam, Kecerdasan Spiritual SMAN 1 Sambungmacan merupakan sekolah umum, akan tetapi sekolah ini juga mementingkan akhlak siswa, membentuk akhlak siswa perlu adanya peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Karena jika siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi maka akhlak anak akan baik. Maka di butuhkan peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SMAN 1 Sambungmacan pada bulan September sampai Januari 2017. Subjek penelitian ini adalah guru PAI SMAN 1 Sambungmacan yang berperan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, informan penelitian ini adalah siswa, kepala sekolah, guru dan karyawan SMAN 1 Sambungmacan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan langkah-langkah reduksi, pengumpulan data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa SMAN 1 Sambungmacan yaitu guru PAI berperan sebagai motivator, sebagai inisiator, sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual melalui pembiasaan keagamaan seperti hafalan surat beserta artinya, sholat berjamaah dan melaksanakan sholat-sholat sunnah seperti dhuha sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan kecerdasan spiritual melalui pembiasaan keagamaan seperti kelas harus bersih dan berwudhu sebelum belajar, sebagai pembimbing, sebagai demonstrator, sebagai evaluator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan menghafakan surat beserta artinya dengan makhorijul huruf yang benar. ABSTRAK Rina Anjar Sari, Januari 2017Teacher’s role in Intelligence Spiritual Religious Education Student at SMAN 1 Sambungmacan of Sragen Academic Year 2016/2017, Thesis: Islamic Education Departemen, Teacher and Training Faculty, IAIN Surakarta. Adviser: Hj. Siti Choiriyah, S. Ag, M. Ag Keywords: Teacher Religious, Spiritul Intelligence SMAN 1 Sambungmacan a public school, but the school is also concerned with the morals of students, forming morals students need to improve students’ spiritual intelligence. Because if the students who have high spiritual intelligence,the morals of children will be good. Then the role of the teacher in need of spiritual intelligence to increasing students spiritual intelligence. This research uses descriptive qualitative research, conducted at SMAN 1 Sambungmacan in September until January 2017. The subjects were teachers religious education. SMAN 1 Sambungmacan that play a role improving students spiritual intelligence, informants were students, principals, teachers and employees of SMAN 1 Sambungmacan. Collecting data using observation, documentations, and interview. Technique autehticity of data using trianguation techniques sources and triangulations techniques. Analysis of data using an interactive model that is step-by-step reduction, data collection, data display and draw conclusions. The results showed that: the role of teacher religious education. In improving the spiritual intelligence of students of SMAN 1 Sambungmacannamely religious education teacher role as a motivator, as the initiator, as a facilitator in improving the spiritual intelligence through habituation religious as memorizing letters and what they mean, pray and pray-sunnah prayers like dhuha as a manager class to improve spiritual intelligence through religious habituation as a class should be clean and perform ablitions before learning, as a mentor, as a demonstrator, as an evaluator in improving students spiritual intelligence through habituation remenbering with the correct letters.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:06
Last Modified: 04 Aug 2017 01:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item