MONITORING AKTIVITAS TILAWAH AL-QUR’AN MELALUI BUKU MUTABA’AH SISWA DI SMP IT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Nur, Sholihan and Drs., Saiful Islam, M.Ag (2017) MONITORING AKTIVITAS TILAWAH AL-QUR’AN MELALUI BUKU MUTABA’AH SISWA DI SMP IT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Sholihan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Monitoring tilawah Al-Qur’an, Buku Mutaba’ah Siswa Suatu program tidak akan berjalan dengan baik ketika tidak adanya suatu pemantauan/monitoring. SMP IT Nur Hidayah Surakarta merupakan SMP IT satu-satunya di Surakarta yang bisa dijadikan pedoman untuk SMP Islam lainnya. Di SMP IT Nur Hidayah Surakarta ini sangat mengharapkan siswa menjadi generasi qur’ani, maka sangat dipantau aktivitas tilawah Al-Qur’annya. Pemantauan dilakukan tidak hanya dari pihak sekolah, melainkan juga dipantau oleh orang tua. Wali kelas dan orang tua siswa berkoordinasi di grup WhatsApp yang dibuat oleh wali kelas yang bertujuan memantau dan bisa saling menyampaikan kondisi siswa, sehingga ketika ada permasalahan pada siswa, bisa segera dicari solusi dan diselesaikan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan monitoring/pengawasan aktivitas tilawah Al-Qur’an melalui buku mutaba’ah siswa di SMP IT Nur Hidayah Surakarta tahun ajaran 2016/2107. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Nur Hidayah Surakarta pada awal bulan November 2016 sampai bulan Januari 2017. Subjek penelitian adalah pemantau yaitu wali kelas, guru mapel tahfidul Qur’an, mentor dan orang tua. Informan dalam penelitian kepala sekolah, guru, bagian TU, bagian kehumasan, bagian kedisiplinan dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data digunakan triangulasi metode dan data yang terkumpul dianalisa dengan model interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan monitoring/pengawasan aktivitas tilawah Al-Qur’an siswa dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil. Tahap perencanaan menggunakan KKM dan ilmu tentang bacaan Al-Qur’an. Tahap pelaksanaan monitoring meliputi pengawasan langsung dan tidak langsung. Secara langsung wali kelas, guru mapel tahfidul Qur’an, mentor dan orang tua mengamati dan mendampingi tilawah Al-Qur’an siswa di waktu-waktu sebelum proses KBM, saat jam pelajaran Tahfidzul Qur’an, istirahat pertama, sebelum iqomah sholat dhuhur, saat pelaksanaan mentoring dan saat di rumah oleh orang tua. Guru/orang tua menyimak dan sebagai korektor ketika ada bacaan yang salah. Secara tidak langsung melalui pengecekkan pada buku mutaba’ah, nilai di KKM, pelaporan di grup WhatsApp dan FOMG. Terakhir adalah tahap pelaporan hasil, disini bentuk hasil dari pemantauan dituliskan pada buku metode ummy sehingga ini bisa menjadi acuan dalam evaluasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:20
Last Modified: 26 Jul 2017 02:20
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item