ANALISIS SUBSTANSI MATERI PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN (Studi Komparasi Materi dalam Buku Iqra’ dengan Materi dalam Buku Yanbu’a)

Musfirotun, Ummul Fadlilah and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2017) ANALISIS SUBSTANSI MATERI PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN (Studi Komparasi Materi dalam Buku Iqra’ dengan Materi dalam Buku Yanbu’a). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Musfirotun Ummul.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kuci : Materi Pembelajaran Membaca Al Qur’an , Iqra’, Yanbu’a. Berbagai metode pembelajaran membaca Al Qur’an ditawarkan untuk memudahkan masyarakat dalam belajar membaca Al Qur’an. Setiap metode yang ditawarkan memiliki kelebihan dan juga kelemahan masing-masing. Munculnya metode pembelajaran membaca Al Qur’an tersebut tidaklah terlepas dari materi. Materi-materi yang terdapat dalam metode pembelajaran membaca Al Qur’an haruslah mampu mengarahkan santri/ siswa untuk membaca Al Qur’an sesuai dengan makhraj dan ilmu tajwid. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis substansi materi dalam buku Iqra’, substansi materi dalam buku Yanbu’a dan mengetahui persamaan dan perbedaan materi dari buku Iqra’ dan buku Yanbu’a. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research, yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur kepustakaan baik berupa buku maupun berupa catatan. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi yang diambil dari buku-buku yang menjadi sumber rujukan serta wawancara. Teknik analiais data menggunakan content analisys (analisis isi) dan analisis komparasi melalui kegiatan membaca, menganalisis, mengklarifikasi data kemudian membandingkan antara keduanya. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa 1)Substansi materi dalam buku Iqra’ meliputi pengenalan huruf hijaiyah, makharijul huruf, tafkhim dan tarqiq, nun mati dan tanwin, qalqalah, lam ta’rif, mim mati, mad, waqof dan gharib musykilat. Namun pada materi mim mati terdapat kekurangan materi terkait dengan idghom syafawi. Kemudian pada materi mad tidak terdapat materi mad tamkin, mad farq, mad shilah qashirah dan thawilah, mad badal, dan mad lazim mukhaffaf kilmi.2)Substansi materi dalam buku Yanbu’a meliputi pengenalan huruf hijaiyah, makharijul huruf, nun mati dan tanwin, tafkhim dan tarqiq, idghom dan pembagiannya, ghunnah, qolqolah, lam ta’rif, mim mati, mad, hamzah, waqof dan gharib wa musykilat serta adabut tilawah. Berdasarkan hal tersebut juga dapat dilihat kelebihan dari buku Yanbu’a ini yaitu adanya adabut tilawah yang disampaikan melalui petunjuk mengajar yang ada dalam buku. Adapun kekurangannya yaitu tidak adanya materi shifatul huruf.3)Persamaan substansi materi yang terdapat dalam buku Iqra’ dan buku Yanbu’a yaitu keduanya mengandung materi pengenalan huruf hijaiyah, pengenalan waqof, nun sakinah dan tanwin, mim sakinah, mad, qalqalah, lam ta’rif, tafkhim dan tarqiq, ghunnah. Adapun perbedaan substansi materi yang terdapat dalam buku Iqra’ dan buku Yanbu’a yaitu materi gharaib wa musykilat yang ada dalam buku Yanbu’a lebih lengkap dibandingkan dari buku Iqra’.Selain itu dalam buku Iqra’ tidak terdapat materi adabut tilawah, namun materi tersebut terdapat dalam buku Yanbu’a. Demikian juga dalam buku Iqra’ tidak terdapat materi macam-macam idghom, tetapi materi tersebut tersaji dalam buku Yanbu’a.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:06
Last Modified: 25 Jul 2017 04:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item