Pengaruh Media Sosial Instagram @AgendaSolo dalam Pemenuhan Informasi bagi Pengguna Followers

Khotijah, Intan and Dr. Muhammad, Fahmi, M.Si (2020) Pengaruh Media Sosial Instagram @AgendaSolo dalam Pemenuhan Informasi bagi Pengguna Followers. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img] Text
FULL SKRIPSI1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK INTAN KHOTIJAH (151211019), PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @AGENDASOLO DALAM PEMENUHAN INFORMASI BAGI PENGGUNA FOLLOWERS. Skripsi: Progam Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Negeri Islam Surakarta, 2020. Tak dipungkiri perkembangan teknologi saat ini sangat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi. Salah satu teknologi modern yang sering digunakan adalah Internet. Internet mampu melahirkan jaringan baru berupa media sosial. Media sosial kini didukung oleh mobile yang dapat diakses dengan alat Smartphone. Peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh besar dari internet khususnya media sosial Instagram dalam pemenuhan informasi secara cepat dan mudah bagi pengguna. Instagram sendiri sering digunakan oleh masyarakat karena dilengkapi dengan visual dan teks. Salah satunya adalah akun Instagram @AgendaSolo, karena berbasiskan konten informasi seputar wilayah se-Soloraya baik secara event, wisata, kuliner, ikon Kota Surakarta dan sebagainya. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Tujuan survei dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh akun media sosial Instagram @AgendaSolo dalam pemenuhan kebutuhan informasi bagi followers. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun @AgendaSolo sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampe adalah Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data berupa angket, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Media Instagram Akun @AgendaSolo dalam Pemenuhan Informasi. Dibuktikan dengan nilai koefisiensi regresi pada nilai Y = 11,24 + 0,915 X. Bilangan konstanta sebesar 11,24 dan koefisiensi variabel sebesar 0,915. Sementara itu thitung 11,24 lebih besar dibanding ttabel sebesar 1,6605 signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Tabel “Model Summary” bahwa nilai R=0,680 dan koefisien determinasi (Rsquer)= 0,463. Artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y adalah 46,3% dan berpengaruh kategori “sedang” Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Pemenuhan Informasi

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 070 News media, journalism, publishing
300 Ilmu Sosial > 305 Social groups
300 Ilmu Sosial > 307 Communities
300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport
300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport > 383 Postal communication
300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ridwan ar rofiq
Date Deposited: 07 Jul 2020 06:36
Last Modified: 07 Jul 2020 06:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item