IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN BEGALON II NO. 241 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

M, Misbahul Munir and Dr., Imam Makruf, S.Ag, M.Pd. (2017) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN BEGALON II NO. 241 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Misbahul Munir.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Standar Proses, Guru Pendidikan Agama Islam, Proses Pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah masih ada 43,43% guru yang standar kualifikasinya perlu ditingkatkan. Selain itu krisis karakter peserta didik yang berbudi pekerti dan berakhlak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi konsep Standar Proses Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Begalon II No. 241 Surakarta. Dengan fokus pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Begalon II No. 241 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SDN Begalon II No. 241 Surakarta mulai Tanggal 1 Oktober sampai Desember Tahun 2016. Subyek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan informannya yaitu kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk mengetahui keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi dengan memanfaatkan penggunaan teknik triangulasi metode. Data dianalisis dengan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data peneliti memperoleh temuan sebagai berikut: (1) Guru Pendidikan Agama Islam memiliki dokumen perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat pengurus Kelompok Kerja Guru Agama Islam tingkat kecamatan Laweyan yang selanjutnya dikembangkan secara mandiri sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam, jumlah peserta didik sudah memenuhi jumlah minimum rombongan belajar satuan pendidikan, buku pembelajaran sudah menggunakan buku K13. Guru Agama Islam dalam pelaksanaan proses pembelajaran telah memenuhi ketentuan pendekatan saintifik melalui kegiatan praktikum membaca Al Quran dengan baik dan benar guru memfasilitasi kegiatan mulai dari menanya, mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penerapan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun masih ada beberapa kendala. (3) Penilaian hasil pembelajaran oleh guru pendidikan agama Islam sudah menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai meliputi ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:05
Last Modified: 25 Jul 2017 04:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item