BIMBINGAN INDIVIDU UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS MITRA ANANDA COLOMADU

Anwar Hoerul, S.Sos and Ernawati, S.Psi, M.Psi (2020) BIMBINGAN INDIVIDU UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS MITRA ANANDA COLOMADU. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img] Text
FULL TEKS_151221198.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hoerul Anwar, 151221198, Maret 2020, Bimbingan Individu Untuk Mendukung Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autis di SLB Autis Mitra Ananda Colomadu. Skripsi: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta Autisme dapat mengganggu perkembangan fisik, intelektual, emosional, komunikasi hingga perilaku, sehingga anak sulit untuk hidup mandiri. Gangguan perkembangan komunikasi pada anak autis menyebabkan anak sulit berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam menghadapi masalah ini SLB Autis Mitra Ananda Colomadu hadir membawa layanan penanganan bagi anak autis. Salah satu bentuk layanan yang ada yaitu bimbingan komunikasi melalui terapi wicara. Bimbingan ini mengupayakan untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan individu untuk mendukung kemampuan komunikasi anak autis di SLB Autis Mitra Ananda Colomadu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan membuat gambaran yang sistematis mengenai masalah penelitian. Subjek penelitian ini berjumlah lima orang, terdiri dari pembimbing/terapis, dua guru dan dua orang tua anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dibandingkan (triangulasi data) kemudian dianalisis secara bertahap (mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bimbingan tersebut dilakukann oleh pembimbing dari tenaga ahli terapis wicara. Pada proses pelaksanaannya bimbingan terbagi dalam beberapa tahapan. Tahapan persiapan dilakukan mulai menyiapkan ruangan, alat bantu dan mengatur posisi duduk anak. Tahap awal anak dibimbing untuk berdoa sesuai agamanya. Tahap inti yaitu pelaksanaan bimbingan mulai mengenal kata seperti nama benda dll, kemudian kalimat sederhana seperti kalimat sapaan “selamat pagi”. Pada tahap akhir anak dibimbing untuk memngucapkan doa penutup dan berpamitan. Dalam kasus ini orang tua juga memiliki peran yang besar untuk mendukung hasil bimbingan. Kata kunci : Bimbingan individu, komunikasi, autisme

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: BKI BKI
Date Deposited: 07 Jul 2020 06:35
Last Modified: 07 Jul 2020 06:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item