UPAYA GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X DI MA AL- ISLAM JAMSAREN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Monika, Akhirul Aprilianti and H., Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A. (2017) UPAYA GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X DI MA AL- ISLAM JAMSAREN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Monika Akhirul Aprilianti.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist, Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Al-Qur’an Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. untuk meningkatkan kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an pada siswa maka guru Al-Qur’an hadist mempunyai upaya dalam meningkatkannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kemampuan menghafal ayat-ayat al-qur’an pada siswa kelas X MA Al-Islam Jamsaren tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukandi MA Al-Islam Jamsaren Surakarta karena terdapat ciri khas yaitu adanya upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an hadist. Waktu penelitian dilakukan dari bulan juli 2016-Januari 2017. Subjek penelitian adalah Guru mata pelajaran Al- Qur’an Hadist. Informan peneliti adalah Kepala Sekolah, Guru selain Al-Qur’an Hadist, Siswa MA Al-Islam Jamsaren surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dari sekolah dan sumber yang mengetahui dan berhubungan dengan upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan menghafal ayat-ayat al-qur’an.. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif, tahap yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist untuk meningkatkan kemampuan menghafal ayat- ayat Al-Qur’an pada siswa kelas X MA Al-Islam Jamsaren Surakarta. upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist tersebut diantaranya (1) Menghafalkan Ayat-ayat Al-Qur’an dengan metode sima’i. (2) Pengecekan Hafalan Ayat-Ayat Al-Qur’an. (3) siswa merekam ayat-ayat yang diminta dihafalkan, (4) Guru Memberikan Motivasi bagi siswa dalam menghafal, (5) siswa diminta menulis Ayat-Ayat yang dihafal, (6) Guru melakukan pendampingan dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an Hadist.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:05
Last Modified: 25 Jul 2017 04:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item