NILAI-NILAI KETAUHIDAN DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE INSERSIDI SD INTEGRAL HIDAYATULLAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Latifatul, Khoiriah and Dr., Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. (2017) NILAI-NILAI KETAUHIDAN DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE INSERSIDI SD INTEGRAL HIDAYATULLAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Latifatul Khoiroh.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Nilai ketauhidan, Metode Insersi Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai ketauhidan dalam pembelajaran IPA melalui Metode Insersi.Selama ini pendidikan agama disampaikan hanya pada mata pelajaran agama saja. Belum mengintegrasi pada mata pelajaran lain terutama pelajaran IPA. Sehingga materi yang disampaikan masih pada ruang lingkup pembahasan ayat kauliyah minim pembahasan ayatayat kauniyah.Padahal setiap saat kita dihadapkan pada realitas alam sebagai ayatayat kauniyah. Kondisi seperti inilah mengakibatkan proses pendidikan Islam selama ini tidak berlangsung secara efektif. Pelajaran yang disampaikan sangat minim darimuatan spiritual.Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai ketauhidan dalam pembelajaran IPA melalui metode insersi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai bulan Februari. Subjek dalam penelitian ini adalah gurukelas III, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru lain dan siswa kelas III dan siswa kelas lain di SDIH Salatiga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil yang peneliti peroleh maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai ketauhidan dalam pembelajaran IPA melalui metode insersi di SDIH Salatiga adalah Nilai tauhid Rububiyyah, Tauhid Uluhiyyah dan Asma’ wa shifat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:05
Last Modified: 25 Jul 2017 04:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item