Putri, Aninda and Hadziq, Abdulloh (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK PELAYARAN PANCASILA KARTASURA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.
Text
SKRIPSI-ANINDA PUTRI-193111040.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Aninda Putri, 2023, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMK Pelayaran Pancasila Kartasura Tahun Ajaran 2022/2023, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Abdulloh Hadziq, S.Pd.I., M.Pd.I. Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Siswa. Latar belakang penelitian ini adalah masih minimnya pembiasaan dan penguatan secara rutin dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK Pelayaran Pancasila Kartasura seperti halnya belum ada pembiasaan rutin dalam melaksanaan sholat dhuha berjamaah, sholat jum’at berjamaah, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seperti Baca Tulis al-Qur’an (BTA), serta rendahnya moralitas dari beberapa siswa seperti kurangnya sikap menghargai dan menghormati terhadap bapak/ibu guru dan karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK Pelayaran Pancasila Kartasura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK Pelayaran Pancasila Kartasura. waktu penelitian bulan Oktober 2022 sampai dengan Maret 2023. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK Pelayaran Pancasila Kartasura diantaranya peran guru sebagai educator dengan membiasakan mengucapkan salam, berdoa, membiasakan untuk mempersiapkan diri maupun lingkungan kelas yang bersih, membaca al-Qur’an, dan pembuatan RPP yang telah berupaya menanamkan karakter religius; peran guru sebagai leader dengan mengarahkan, mengatur pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah, dan menjadi imam sholat dzuhur; peran guru sebagai motivator dengan pemberian nasihat/motivasi dan dorongan sebagai semangat belajar maupun untuk berperilaku terpuji; peran guru sebagai innovator dengan menyampaikan materi yang asyik dan menyenangkan menggunakan metode, media/bahan ajar bervariasi, dan diselipkan dengan penanaman karakter religius pada taruna/i; peran guru sebagai evaluator dengan melakukan penilaian yakni evaluasi tes dan evaluasi non-tes; dan peran guru sebagai fasilitator dengan turut serta membantu memfasilitasi berlangsungnya kegiatan pengajian Hari Besar Islam dan juga ikut andil sebagai penceramah. Karakter yang tertanam dalam diri taruna/i antara lain disiplin, kerja keras, gotong royong, ikhlas, dan peduli sesama. xii DAFTAR GAMBAR Gambar 2.1. Kerangka
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Suwardi Abdullah |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:32 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:32 |
URI: | http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5915 |
Actions (login required)
View Item |