IMPLEMENTASI METODE TATSMUR PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUTIARAINSANI DELANGGUKLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Marwati, Marwati and Dra., Hj. Noor Alwiyah, M.Pd (2017) IMPLEMENTASI METODE TATSMUR PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUTIARAINSANI DELANGGUKLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Marwati.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Metode Tatsmur, Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Menghafal ayat-ayat Al Qur‟an adalah pekerjaan yang terpuji dan amal yang mulia. Namun dalam kenyataannya, sebagian besar umat Islam merasa kesulitan dan berat untukmenghafalkannya,terlebih mengajarkannya kepada anak-anak. Salah satu penyebabnya adalah pemilihan metode yang kurang tepat. Banyak jenis metode menghafal Al Qur‟an, namun masing-masing metode memiliki kelebihantersendiri. Demikian pula metode tatsmur yang menggabungkan tiga metodeyaitumetodetalaqqi, setorandanmuraja‟ah. Salah satukelebihandarimetodeiniadalahadanyabukupanduan yang dilengkapidengansilabuspembelajarantahfidzdalammenggunakanmetodeini.Sehinggadapatmempermudahdalammenghafal Al Qur‟an.Olehkarenaitu, penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaImplementasi Metode Tatsmur pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDIT Mutiara Insani Delanggu KlatenTahun pelajaran 2016/2017. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptif.Dilaksanakan di SDIT MutiaraInsaniDelangguKlaten, PadabulanAprilsampaidenganbulanOktober2016.Subjek penelitianyaituGuru Pengampu Mata Pelajaran Tahfidzul Qur’an dan siswa-siswi di SDIT Mutiara Insani DelangguKlatenTahunPelajaran 2016/2017.Informan penelitianKepala Sekolah, WaliKelas, danguru pengampumata pelajaranselainTahfidzul Qur’an di SDIT Mutiara Insani DelangguKlatenTahunPelajaran 2016/2017.Metode pengumpulan data menggunakanmetodewawancara, metodeObservasi, danmetodeDokumetasi.Teknikkeabsahan data menggunakanTriangulasidata.Sedangkanteknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniyaitudenganmenggunakanteknikanalisis data interaktif. HasilpenelitianinimenjelaskanbahwaimplementasimetodeTatsmurpadapembelajaranTahfidzul Qur’andilakukan dengan tiga langkah besar, sebagai berikut: Pertama, Persiapan Mengajar. Kedua, Proses Pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar dimulai dengan pembukaan, Inti pembelajaran yaitu dimulai dari langkah Talaqqi, setoran, lalu Muraja‟ah. Ketiga, Proses Evaluasi. Adapun faktor pendukung itu meliputi para ustadzah/ pengajar yang merupakan alumni pondok pesantren, adanya team dalam mengajar serta adanya buku panduan yang menarik. Sedangkan faktor penghambat implementasi metode tatsmur ini antara lain: kondisi siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran, durasi waktu pembelajaran yang sedikit, ada siswa yang kurang dalam menghafal, dan juga anak-anak mudah jenuh. Adapun solusi yang dilakukan oleh para ustadzah dalam dalam rangka mengatasi penghambat-penghambat tersebut, antara lain: menggunakan buku panduan tatsmur, ada waktu tambahan di luar jam pembelajaran, adanya reward dan punishment bagi siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:05
Last Modified: 25 Jul 2017 04:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item