PENGARUH WORD OF MOUTH, PERCEIVED QUALITY, DAN PRICE PERCEPTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROTI AOKA (Studi pada Konsumen AOKA di Solo Raya)

FATONAH, MUDHYAH NING and Al Amin, Nur Hidayah (2023) PENGARUH WORD OF MOUTH, PERCEIVED QUALITY, DAN PRICE PERCEPTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROTI AOKA (Studi pada Konsumen AOKA di Solo Raya). Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.

[img] Text
Skripsi Mudhyah N F-195211161.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth, Perceived Quality dan Price Perception terhadap Keputusan Pembelian Produk Roti AOKA (Studi pada Konsumen AOKA di Solo Raya). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 210 responden se-Solo Raya. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan bantuan software IBM SPSS Versi 24. Hasil penelitian membuktikan bahwa word of mouth, perceived quality dan price perception secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk roti AOKA. Variabel yang paling berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian produk AOKA adalah word of mouth, dengan koefisien regresi sebesar 6,808 dan tingkat signifikansi 0,000. Temuan penelitian ini memberikan kerangka konseptual mengenai faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Keputusan pembelian dapat ditingkatkan dengan memperhatikan word of mouth, perceived quality, dan price perception. Hal ini ditunjukkan dengan respon konsumen yang setuju bahwa, mereka membeli roti AOKA atas rekomendasi dari orang lain melalui word of mouth, mempertimbangkan keunggulan kualitas yang dirasakan, serta kesesuaian harga dengan kualitas yang diterimanya. Namun, beberapa konsumen beranggapan bahwa kemasan roti AOKA kurang menarik dibandingkan roti lain, maka perusahaan disarankan untuk menciptakan inovasi produk terutama pada kemasan agar dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian produk. Kata Kunci: Word of Mouth, Perceived Quality, Price Perception, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 11 May 2023 04:31
Last Modified: 11 May 2023 04:31
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5908

Actions (login required)

View Item View Item