UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII PROGRAM UNGGULAN DI MTs N 6 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NAFISAH, SALMA NUR and Fardani, Diah Novita (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII PROGRAM UNGGULAN DI MTs N 6 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.

[img] Text
SKRIPSI-SALMA NUR NAFISAH-193111007.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Salma Nur Nafisah. 2023. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Program Unggulan di MTs N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Diah Novita Fardani., M.Pd.I. Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Kepercayaan Diri Kepercayaan diri merupakan suatu yang harus dimiliki setiap manusia. Dengan adanya kepercayaan diri akan menjadikan manusia lebih berani mengembangkan potensi yang dimiliki. Untuk itu kehadiran kegiatan keagamaan yang diupayakan guru pendidikan agama Islam memang sangat penting. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kepercayaan diri siswa yang ada di kelas VIII Program Unggulan di MTs N 6 Sragen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII Program Unggulan di MTs N 6 Sragen tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII Program Unggulan MTs N 6 Sragen pada bulan November sampai Februari 2023. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa kelas VIII program unggulan di MTs N 6 Sragen, sedangkan informan penelitian ini adalah wali kelas, wakil kepala madrasah bidang kesiswaaan, dan wali murid siswa kelas VIII Program Unggulan di MTs N 6 Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa temuan dari bentuk-bentuk upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui kegiatan keagamaan pada kelas VIII Program Unggulan di MTs N 6 Sragen tahun pelajaran 2022/2023 melalui kegiatan keagamaan diantaranya: (1) Kegiatan Muhadhoroh, (2) Tahfidz, (3) Muroja’ah pagi, (4) Azan dan (5) Pembacaan do’a pada saat upacara. Proses peningkatan kepercayaan diri, strategi peningkatan kepercayaan diri dan faktor pembangun peningkatan kepercayaan diri. Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII Program Unggulan dengan pembiasaan kegiatan keagamaan, pemberian motivasi dan Reward.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 11 May 2023 04:31
Last Modified: 11 May 2023 04:31
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item