PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENANAMKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 1 KUNDEN KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Istiqomah, Kiki Amelia and Kustiarini, Kustiarini (2023) PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENANAMKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 1 KUNDEN KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.

[img] Text
Skripsi-Kiki Amelia Istiqomah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kiki Amelia Istiqomah, 2023, “Penerapan Program Sekolah Adiwiyata Dalam Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Di SD Negeri 1 Kunden Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah. UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Kustiarini, M.Pd Kata Kunci : Program Adiwiyata, Sikap Peduli Lingkungan Sekolah Adiwiyata mampu menjadi tempat yang dinilai efektif dalam membina terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah khususnya para siswa terhadap upaya pelestarian lingkungan. Sekolah berperan penting dalam membantu menanamkan karakter peduli lingkungan sejak dini pada peserta didik melalui pelaksanaan program sekolah, pembiasaan dan juga keteladanan. Tujuan penelitian ini adalah: a. untuk mengetahui penerapan program Adiwiyata, dan b. untuk mengetahui faktor penghambat serta faktor pendukung dalam penerapan program Adiwiyata di SD Negeri 1 Kunden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SD Negeri 1 Kunden dan informan dari penelitian ini adalah guru SD Negeri 1 Kunden sejumlah 2 orang, yaitu guru kelas 1 dan guru kelas 4 serta perwakilan siswa SD Negeri 1 Kunden sejumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diuji mengguanakan tringulasi sumber dan tringulasi metode. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a. Program Adiwiyata dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan, meliputi: pembentukan tim Adiwiyata, melakukan kajian lingkungan sekolah dan menyusun rencana aksi lingkungan. Pada tahap pelaksanaan, meliputi realisasi dari rencana aksi lingkungan yang sudah ditetapkan dengan berlandaskan pada indikator implementasi program Adiwiyata Kemudian pada tahap terakhir yaitu evaluasi yang meliputi evaluasi program dan evaluasi proses. b. Pelaksanaan program Adiwiyata tidak lepas dari faktor pendukung meliputi terjalinnya komitmen dan kerjasama yang baik dari semua pihak, adanya monitoring dan evaluasi serta pemberian penghargaan. Sedangkan faktor penghambat, meliputi kurangya SDM pelaksana program Adiwiyata, minimnya pengetahuan tentang Adiwiyata dan kurangnya kesadaran akan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 11 May 2023 04:31
Last Modified: 11 May 2023 04:31
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item