UPAYA GURU DALAM MEMBINA LITERASI SISWA MELALUI KEGIATAN BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) DI MI MUHAMMADIYAH PK WIROGUNAN KARTASURA KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HAYUNINGTYAS, FADILLA and Choiriyah, Siti (2023) UPAYA GURU DALAM MEMBINA LITERASI SISWA MELALUI KEGIATAN BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) DI MI MUHAMMADIYAH PK WIROGUNAN KARTASURA KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.

[img] Text
Skripsi Fadilla Hayuningtyas 183141082 PGMI FIT.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fadilla Hayuningtyas, 2023, Upaya Guru dalam Membina Literasi Siswa Melalui Kegiatan Baca Tulis Hitung (Calistung) di MI Muhammadiyah PK Wirogunan Kartasura Kab. Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023, Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Dr. Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag. Kata Kunci : Literasi, Membaca, Menulis, Berhitung Latar belakang dari penelitian ini bahwa upaya guru merupakan hal terpenting dalam membina literasi siswa. MI Muhammadiyah PK Wirogunan memiliki kegiatan khusus untuk kelas bawah dalam mengembangkan kemampuan literasi siswa yaitu kegiatan calistung. Melalui kegiatan calistung ada berbagai upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina literasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam membina literasi siswa melalui kegiatan calistung, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru dalam membina literasi dasar melalui kegiatan calistung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah PK Wirogunan dari bulan Agustus 2022 sampai Februari 2023. Subjek penelitian adalah guru kelas 1B serta informan penelitian yaitu kepala sekolah, beberapa siswa kelas 1B, dan guru pendamping calistung 1B. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber sedangkan analisis data menggunakan beberapa tahapan yang dilakukan peneliti yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa upaya guru dalam membina literasi siswa melalui kegiatan baca tulis hitung (calistung) yaitu a) melatih siswa membaca buku AISM dan Iqro’, b) kegiatan calistung siswa kelas 1B dilatih oleh dua orang guru, c) mengadakan kegiatan pojok baca, d) melatih kemampuan menulis calistung dengan mengaitkan hal keagamaan, e) guru berupaya memberikan semangat belajar calistung kepada peserta didik, f) melatih kemampuan menulis dengan cara mendikte, g) guru melatih siswa berhitung dengan teknik bersusun dasar, h) guru melatih siswa untuk menuliskan lambang bilangan ke dalam tulisan nama bilangan tersebut.Adapun faktor pendukung dari upaya guru dalam membina literasi siswa melalui kegiatan calistung yaitu a) kondisi kelas yang nyaman untuk belajar, b) kegiatan calistung ini tercantum dalam jadwal pelajaran kelas 1B agar siswa bisa fokus pada kegiatan calistung, c) terdapat kegiatan aktif membaca dengan memanfaatkan pojok baca sebagai sarana literasi Selain terdapat faktor pendukung ada pula faktor penghambat dari upaya guru dalam membina literasi siswa melalui kegiatan calistung yaitu a) kurangnya konsentrasi saat membaca, b) tidak ada kegiatan penilaian untuk mengetahui kemampuan literasi siswa. xii ABSTRACT Fadilla Hayuningtya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 11 May 2023 04:31
Last Modified: 11 May 2023 04:31
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5899

Actions (login required)

View Item View Item