PELAKSANAAN P3KMI (PROGRAM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM INTEGRAL) SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMANDI FITK(FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN) IAIN SURAKARTA

Indri, Wahyu Sudirani and Syamsul, Huda Rohmadi, M.Ag (2017) PELAKSANAAN P3KMI (PROGRAM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM INTEGRAL) SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMANDI FITK(FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN) IAIN SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Indri Wahyu.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: P3KMI, Internalisasi Nilai-nilai Keislaman, IAIN Surakarta Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak mahasiswa FITK yang belum memahami nilai-nilai keislaman dan masih banyak mahasiswa yang belum bisa membaca Alquran karena input yang masuk ke FITK memiliki latarbelakang pendidikan yang berbeda sebagian berasal dari SMA dan SMK. Sehingga, perlu adanya internalisasi nilai-nilai keislaman. P3KMI merupakan program yang diadakan oleh FITK yang bertujuan salah satunya untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar keislaman baik secara ilmu dan (BTA, Pengembangan Kepribadian Tsaqoh Islamiyah dan Praktek Ibadah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan P3KMI sebagai upaya internalisasi nilai-nilai keislaman di FITK IAIN Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2016 yang dilaksanakan di IAIN Surakarta. Subyek penelitian ini adalah Pendamping P3KMI, informan penelitian ini adalah Pembina P3KMI, Tim P3KMI, dan peserta P3KMI. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan trianggulasi. Kemudian data dianalisis dengan model interaktif melalui tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan P3KMI dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu. Kegiatan dimulai dari pukul 07.00-12.00 kegiatan hanya berlangsung selama satu setengah jam pelajaran, dibagi ke dalam kelompok putra dan putri setiap kelompok terdiri dari 8 mahasiswa yang didampingi satu pendamping. Kegiatan P3KMI sebagai upaya internalisasi nilai-nilai keislaman diantaranya kegiatan mentoring, suplemen peserta, suplemen pendaming dan out bond. Materi yang diajarkan meliputi nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Mahasiswa dibiasakan untuk membaca Alquran setiap hari, salah berjamaah dan hafalan surat. Selain itu, terdapat faktor penghambat yaitu mahasiswa kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan P3KMI, waktu pelaksanaan berbenturan dengan kegiatan lain, adanya pihak lain yang menganggap P3KMI radikal, kurangnya perencanaan yang matang dalam mengatur waktu ketika melaksanakan kegiatan. Sedangkan faktor pendukung kegiatan ini yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, dan kegiatan ini sebagai syarat untuk bisa mengikuti micro teaching, pembina yang memadai, serta keinginan dari pribadi mahasiswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:20
Last Modified: 24 Jul 2017 04:20
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item