PENGELOLAAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI MUHAMMADIYAH PK KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Imam, Mahmudi Muhammad and Dr., Imam Makruf, M.Pd (2017) PENGELOLAAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI MUHAMMADIYAH PK KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Imam Mahmudi Muh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Siswa Berkebutuhan Khusus Masalah dalam penelitian ini adalah pengelolaan siswa berkebutuhan khusus di MI Muhammadiyah PK Kartasura yang di lihat dari pengelolaan pembelajaran, yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Muhammadiyah PK Kartasura. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian dilaksanakan di MI Muhammadiyah PK Kartasura pada bulan April 2016 sampai Januari 2017. Subjek penelitian adalah guru pendamping khusus, sedangkan informannya guru rumpun pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dilihat keabsahannya dengan teknik triangulasi data dan triangulasi sumber. Kemudian dianalisis menggunakan analisis model interaksi dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran PAI bagi siswa berkebutuhan khusus di MI Muhammadiyah PK Kartasura meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru mapel rumpun PAI tidak menyusun perencanaan pembelajaran secara khusus bagi siswa berkebutuhan khusus, akan tetapi guru pendamping yang membuat perencanaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus yang dinamakan PPI. Pada tahap pelaksanaan, proses pembelajaran dijadikan dalam satu kelas antara siswa berkebutuhan khusus dan siswa normal. Guru pendamping khusus selalu mengajak aktif siswa berkebuthan khusus dalam mengikuti proses pembelajaran. Kemudian pada tahap evaluasi guru pendamping khusus mengevaluasi hasil belajar dilakukan dengan dua teknik, yaitu Tes dan Non tes. Pemberian penilaian pada siswa berkebutuhan khusus, guru melihat terlebih dahulu tingkat penguasan materi yang telah di capai oleh siswa. Apabila siswa berkebutuhan khusus mampu mengikuti pembelajaran dengan baik maka soal disamakan dengan siswa normal, akan tetapi apabila siswa tidak mampu mengikuti pembelajaran dengan baik maka soal dibedakan dan dibuatkan sendiri oleh guru pendampingnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:49
Last Modified: 18 Jul 2017 08:49
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item