KONSEP BEPIKIR POSITIF DALAM BUKU TERAPI BERPIKIR POSITIF KARYA Dr. IBRAHIM ELFIKY DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER MUSLIM

Imah, Cahyati and Dr., Toto Suharto, S.Ag., M.Ag. (2017) KONSEP BEPIKIR POSITIF DALAM BUKU TERAPI BERPIKIR POSITIF KARYA Dr. IBRAHIM ELFIKY DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER MUSLIM. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Imah cahyati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Berpikir Positif dan Pembentukan Karakter Muslim Masalah dalam penelitian ini adalah semakin rusaknya moral anak bangsa yang ditandai dengan meningkatnya kasus kriminal dan tindakan amoral yang dilakukan oleh para pelajar. Hal tersebut menjadi catatan buruk bagi Pendidikan Agama Islam karena belum mampu mewujudkan tujuan dari pendidikan yaitu membentuk insan kamil atau karakter mulia. Sehingga perlu adanya upaya substansial dalam pembentukan karakter. Pikiran positif menghasilkan perbuatan dan hasil positif. Berpikir positif merupakan hal yang substansial dalam pembentukan karakter positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari konsep berpikir positif dalam buku terapi berpikir positif karya Dr. Ibrahim Elfiky dan relevansi berpikir positif dengan pembentukan karakter muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research). pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi teori. Analisis datanya menggunakan metode analisis isi dan metode komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep berpikir positif dalam buku Terapi Berpikir Positif karya Dr. Ibrahim Elfiky adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk mengembangkan karakter positif sehingga mampu untuk menuntun manusia kepada hidup yang lebih baik, dengan pencapaian emosi positif masa lalu, saat ini dan masa depan, konsep ini memiliki tujuh prinsip dan tiga kekuatan sebagi sumber keseimbanagn. Kemudian, terdapat relevansi antara konsep berpikir positif dalam buku Terapi Berpikir Positif karya Dr. Ibrahim Elfiky dengan Pembentukan Karakter Muslim. Relevansi tersebut terdapat pada tujuan, strategi atau prosesnya yaitu pada Moral knowing, moral feeling, dan moral doing dengan pendekatan pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:07
Last Modified: 18 Jul 2017 08:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item