PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MENGHAFAL ALQUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN TAHFIDZ ALQUR’AN DARUSSUNNAH BANARAN SRAGEN TAHUN 2016/2017

Hanifah, Arinal Haq and Dr., Khuriyah, S.Ag., M.Pd. (2017) PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MENGHAFAL ALQUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN TAHFIDZ ALQUR’AN DARUSSUNNAH BANARAN SRAGEN TAHUN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Hanifah Arinal.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Peran Orang Tua, Anak, Menghafal Alqur‟an Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak yang cenderung menghabiskan waktu luangnya untuk bermain, serta kurangnya peran orang tua terhadap anak dalam menghafal Alqur‟an, tidak sedikit dari orang tua yang hanya sukses dalam memenuhi syahwat anak, mereka gagal mendekatkan anak dengan nilai-nilai Alqur‟an dan kurang mempersoalkan mau tidaknya anak dalam menghafal Alqur‟an. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Orang Tua Terhadap Anak dalam Menghafal Alqur‟an di Taman Pendidikan Tahfidz Al qur‟an Darussunnah Banaran Sragen Tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilaksanakan di Taman Pendidikan Tahfidz Alqur‟an Darussunnah Banaran Sragen, kurang lebih selama sepuluh bulan yaitu dari bulan Maret sampai bulan Desember 2016. Subjek penelitian ini adalah orang tua santri TPTA Darussunnah Banaran Sragen. Sedangkan yang menjadi informan adalah ustaz/ustazah dan santri TPTA Darussunnah Banaran Sragen. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Untuk analisis data menggunakan analisis interaktif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran orang tua terhadap anak dalam menghafal Alqur‟an di Taman Pendidikan Tahfidz Alqur‟an Darussunnah Banaran Sragen tahun 2016/2017 antara lain sebagai berikut: 1. Orang tua sebagai panutan, orang tua juga berusaha menghafal Alqur‟an dan menyetorkan hafalannya melalui WhatsApp, serta memberikan contoh bacaan yang benar kepada anak; 2. Orang tua sebagai motivator anak, orang tua menceritakan keutamaan menghafal Alqur‟an dan memberi hadiah; 3. Orang tua sebagai pembimbing, orang tua mentalqin anak dan membenarkan hafalan anak jika ada bacaan yang salah; 4. Orang tua sebagai fasilitator anak, orang tua meluang waktu untuk mendampingi anak menghafal Alqur‟an dan menciptakan lingkungan yang kondusif; 5. Orang tua sebagai manajer bagi anak, orang tua menentukan jadwal muraja’ah dan target hafalan anak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:57
Last Modified: 18 Jul 2017 07:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item