MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DI MTs NEGERI GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN TAHUN 2010

SUYANTO, SUYANTO (2010) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DI MTs NEGERI GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN TAHUN 2010. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
2010TS0004.pdf

Download (799kB) | Preview

Abstract

ABTRAK Judul tesis : PENGELOLAAN DALAM PERSFEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BOYOLALI TAHUN 2010 Penulis : N G A T I M A N Nim : 26.09.7.3.032 Tesis ini bertujuan untuk meneliti pengelolaan MAN 2 Boyolali dengan menggunakan pesrpektif Total Quality Management (TQM) dengan suatu harapan dapat meningkatkan kualitas dan layanan jasa pendidikan menengah keagamaan. Karena luasnya pembahasan tantang TQM, maka penerapan TQM tersebut lebih pada subtansinya sebagai sebuah pendekatan menejemen yang berorentasi pada kualitas dan kepuasan pelanggan. Luasnya jenis dan ragam aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan MAN 2 Boyolali maka yang menjadi fokus dalam tesis ini adalah pada subtansi kegiatan MAN 2 Boyolali sebagai lembaga penyelenggaraan pendidikan menengah keagaman, yaitu layanan pembelajaran (kurikuler dan ekstra kurikuler) serta layanan adminitrsi. Tesis dengan fokus pada aktivitas menejerial untuk kepuasa pelenggan eksternal primer digunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun lokasi penelitian dilaksanakan di MAN 2 Boyolali dengan subyek penelitian para pengelola, pejabat struktural, fungsional (guru) dan tenaga adminitrasi pendukung sabagai subyek sekunder dan para pelanggan terutama pelanggan eksternal primer (subyek primer), yang di ambil secara sempel (bukan porpusive). Sedangkan data penelitian ini dikumpulakan dan di peroleh melalui opserfasi, dokumentasi, interview dan angket (khusus siswa). Tingkat eksplanasi hasil analisis adalah diskriptif dengan cara membandingkan realitas pengelolaan MAN 2 Boyolali dengan kreteria kualitas data layanan jasa yang telah ditetapkan. Dari hasil analisis atas data penelitian yang telah terkumpulkan dapat di simpulakan beberapa hal sebagai berikut: pertama, perubahan statu MAN 2 Boyolali merupakan kebijakan yang sangat menguntungkan bagi perkembangan MAN 2 Boyolali. Kesimpulan di dasarkan atas fenomena semakin meningkatnya animo masyarakat (calon siswa) yang mendaftar dengan angka kenaikan yang cukup siknifikan, dibanding dengan jumlah siswa ketika masih belum menyandang status Negeri (Filial), dimana pendaftar calon siswa berkisar pada angka rata-rata di bawa 89 orang setiap tahun. Sejak berubah manjadi Negeri, tahun ajaran 1998 sampai sekarang diatas 300 orang. Kedua: jumlah pendaftar yang terus meniningkat dari tahun ketahun tersebut ternya tidak diterima, melainkan disesuaikan dengan kebutuan daya tampung secara fisik, memenuhi standar maupun kesiapan SDM yang ada. Keadaan tersebut mengakibatkan kegiatan layanan pembelajaran (kurikuler dan ekstrakurikuler) pembelajaran dan jasa adminitrasi tersebut abaik dari segi kepercayaan, keterjaminan, penampilan perhatian maupun ketanggapan, sehingga mengakibatkan munculnya kepuasan di kalangan pelanggan eksternal primer (siswa). Kepuasan pelanggan eksternal primer tersebut berkaitan dengan cukup tinginya kualitas isi (subtasi jasa) dan cara penyajiannya. Misalnya, jumlah dan kualitasa SDM, ruang belajar laboratorium wokshof yang sesuai dengan kebutuan dan jumlah siwa yang ada, sehingga menyebabkan layanan jasa proses belajar mengajar menjadi optimal bahakan jenderung maksimal. Sebagai upaya lebih lanjut, ada rekomendasi bagi guru dan karyawan (seluruh pelanggan internal MAN 2 Boyolai umumnya) agar segera membuka diri untuk menerapakan prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) dalam memberikan layannan jasa pendidikan kepada pelanggan-pelannga eksternal primer utamanya, sehingga dapat memenuhi kebutuan dan keinginan mereka. Dari segi sarana dan prasarana penunjang yang di miliki sebaikanya lebih dilenkapi lagi, seperti perputakaan, laboratorium, wokshof, olah raga dan kegiatan ekstrakurikuler lainya, sebagai upaya meningkatakan kaualitas layanan jasa pendidikan di MAN 2 Boyolali untuk kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email syihabumillamanan@gmail.com
Date Deposited: 01 Mar 2016 07:24
Last Modified: 02 Mar 2016 04:54
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item