PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DI MTs NEGERI SURAKARTA I TAHUN AJARAN 2015/2016

Ahmad, Zainudin and H., Abdul Ghofur, M.Ag (2017) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DI MTs NEGERI SURAKARTA I TAHUN AJARAN 2015/2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Ahmad Zainudin.pdf

Download (968kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Masalah dalam penelitian ini adalah: Berdasarkan pentingnya mata pelajaran BTA dalam meningkatkan Baca Tulis Al Quran maka perlu adanya Evaluasi pembelajran untuk mengetahui keefektifan pembelajaran ini, oleh karena itu peneliti menginginkan untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta hasil dan bagaimana umpan balik yang diberikan. Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Surakarta I, yang dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2016. Subjek penelitian adalah guru. Informan penelitian adalah kepala sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, model data (display data), dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran mata pelajaran BTA pada siswa kelas VII di MTs N Surakarta 1 yaitu: (1)Pada tahap perencanaan, evaluasi telah dirumuskan dengan matang. Hal ini bisa dilihat pada program pembelajaran guru, baik pada program semester (PROMES) dan Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang secara rinci mencantumkan perencanaan waktu pelaksanaan evaluasi, pembagian evaluasi berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, serta metode, teknik dan jenis evaluasi yang akan digunakan. (2) Secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran BTA di MTs N Surakarata 1 bisa dinyatakan baik karena pelaksanannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi pendidikan, seperti: prinsip berkesinambungan, menyeluruh dan objektif dan alat ukur yang dipergunakan valid dan reliabel yakni dapat mengukur sesuai dengan apa yang mau diukur dan hasil yang diperoleh dapat dipercaya. (3) Secara umum hasil evaluas pembelajaran BTA menunjukkan baik karena hasil akhir yang diperoleh peserta didik berada di atas batas minimal kelulusan 65%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Jun 2017 20:49
Last Modified: 04 Jun 2017 20:49
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item