“PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS VIII DI SMP N I SELOGIRI, WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

Ahmad, Fuady and Prof. Drs., H. Rohmat, M.Pd.,Ph.D. (2017) “PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS VIII DI SMP N I SELOGIRI, WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Ahmad Fuandy.pdf

Download (89MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Penggunaan Multimedia pembelajaran, Peningkatan mutu pembelajaran. Multimedia pembelajaran merupakan penggunaan berbagai media dalam proses belajar mengajar, multimedia telah memberikan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan multimedia pembelajaran serta hambatan dan solusi yang terjadi dalam penggunaan multimedia pembelajaran di SMP N 1 Selogiri, Wonogiri. Dengan menggunakan multimedia para pebelajaran diharapkan akan lebih mudah menyerap informasi secara cepat dan efisien. Karena penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran membuat sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku semata, melainkan lebih luas dari itu. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Selogiri dari November 2016 sampai bulan Januari 2017. Subjek penelitian ini guru PAI, sedangkan untuk informan yakni siswa dan wakasek kurikulum. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan-tahapan yang dilakukan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpukan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran dalam pembelajaraan PAI di SMP N 1 Selogiri, Wonogiri diantaranya adalah macromedia flash flayer, Power Point, Video Pembelajaran, multimedia Aktual reality dan multimedia pembelajaran mandiri. Hambatan yang ditemukan diantaranya kurangnya sarana dan prasarana serta perhatian dari sekolah, masih terdapat beberapa siswa yang belum mampu mengopersikan komputer multimedia. Sedangkan untuk solusinya diantaranya adalah guru memakai media by utilitation yang dikreasikan dengan metode belajar kelompok.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Jun 2017 02:33
Last Modified: 02 Jun 2017 02:33
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item