PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PANDU HW (HIZBUL WATHAN) DI SMP MUHAMMADIYAH 10 ANDONG PK (PROGRAM KHUSUS) BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Intan, Tajjamil Fatma Ali and Hj., Hafidah, S.Ag., M.Ag (2017) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PANDU HW (HIZBUL WATHAN) DI SMP MUHAMMADIYAH 10 ANDONG PK (PROGRAM KHUSUS) BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
27. Intan Tajamil FA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Islam, Ekstrakurikuler Pandu HW. Masalah dalam penelitian ini: 1) Minimnya nilai-nilai akhlak, ibadah dan aqidah yang terjadi di kalangan remaja; 2) Sebagian siswa kelas VII PK (Program Khusus) masih ada yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an; 3) Masih banyak siswa di sini yang sering membolos, kurangnya sopan santun kepada orang tua dan bapak ibu guru, selain itu ketika memasuki waktu shalat berjama’ah ada sebagian siswa tidak mengikuti shalat berjama’ah. Padahal di sekolah tersebut telah menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler Pandu HW (Hizbul Wathan) untuk membina mental serta kepribadian siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pandu HW (Hizbul Wathan) Di SMP Muhammadiyah 10 Andong PK (Program Khusus) Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 10 Andong PK (Program Khusus) pada bulan Oktober 2016 - Januari 2017.Subyek penelitian ini adalah pembina pandu HW, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa dan kesiswaan.Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Data terkumpul diperiksa keabsahannya dengan trianggulasi. Kemudian data dianalisis dengan model interaktif melalui tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kegiatan ekstrakurikuler pandu HW (Hizbul Wathan) yaitu 1) Nilai I’tiqodiyah(Aqidah) meliputi pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan hafalan ayat suci Al-Qur’an 2) Nilai Amaliyah (Ibadah) meliputi wudhu, sholat berjama’ah, thaharah, mandi jenabat dan tayamum 3) Nilai Khulukiyah (Akhlak) meliputi kedisiplinan, bersopan santun. Dalam penerapan tersebut faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah, di bawah persyarikatan Muhammadiyah, sarana dan prasarana, kegiatan yang tersistem dan terjadwal, Pembina yang berkompeten dan dukungan dari orang tua.Sedangkan faktor penghambat kegiatan ini yakni siswa-siswi yang malas, jumlah pengampu yang minim dan tidak tepat waktu atau molor.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Jun 2017 02:33
Last Modified: 02 Jun 2017 02:33
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item