NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN PENCAK SILAT DI LEMBAGA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) GEMPOL GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN 2016

Khusnul, Khotimah and Hj., Siti Choiriyah, S. Ag., M.Ag. (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN PENCAK SILAT DI LEMBAGA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) GEMPOL GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN 2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
25. Khusnul Khotimah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa pendidikan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Gempol Gondangrejo Karanganyar Tahun 2016 tidak hanya beladiri saja, tetapi juga terdapat penanaman nilai pendidikan Islam melalui materi pembinaan pada saat latihan kegiatan pencak silat dan ajaran panca dasar yang diajarkan dalam pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu persaudaraan, olahraga, beladiri, kesenian dan kerohanian. Faktor penyebabnya pencak silat bisa dijadikan sarana dan materi pendidikan namun ada beberapa anggota PSHT yang menggunakan dan memanfaatkan keahliannya untuk kegiatan negatif. Sehingga sering melakukan perbuatan yang melanggar nilai pendidikan Islam dan banyak perbuatan yang tidak mencerminkan karakter yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kegiatan Pencak Silat Di Lembaga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Gempol Gondangrejo Karanganyar Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di Desa Gempol Gondangrejo Karanganyar pada bulan Oktober 2016 – bulan Desember 2016. Subjek penelitian ini adalah pelatih pencak silat PSHT Gempol dan informan adalah siswa dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisisnya menggunakan analisis data interaktif model Milles dan Huberman yang terdapat tiga macam langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Desa Gempol Gondangrejo Karanganyar diantaranya: 1) Nilai Pendidikan Keimanan atau I‟tiqodiyyah ialah meyakini dari hati sanubari bahwa adanya Tuhan YME melalui panca kerohanian, 2) Nilai Pendidikan Akhlak atau Khuluqiyyah ialah menanamkan nilai persaudaraan dan berbakti kepada orang tua atau pelatih melalui salaman dan penghormatan. Perwira dalam ajaran olah raga, Bersikap lapang dada dalam ajaran beladiri, rendah hati melalui ajaran panca dasar kesenian serta tenggang rasa melalui ajaran kerohanian, dan 3) Nilai Pendidikan Amaliyah ialah mempereratkan tali silaturahmi melalui panca persaudaraan serta gotong royong, bakti sosial dan menjaga keamanan desa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 29 May 2017 07:29
Last Modified: 29 May 2017 07:29
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item