PENANGGULANGAN BULLYING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN TIPOLOGI KONDISI, KASUS DAN KONSEP) KARYA: ABD. RAHMAN ASSEGAF

Fitria, Salma Nurrohmah and Prof., Dr. H. Usman Abu Bakar, M. A (2017) PENANGGULANGAN BULLYING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN TIPOLOGI KONDISI, KASUS DAN KONSEP) KARYA: ABD. RAHMAN ASSEGAF. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
23. Fitria Salma Nurrohmah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Penanggulangan, Bullying, Pendidikan Islam Penanggulangan Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah Buku Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep) Karya: Abd. Rahman Assegaf. Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini sering terjadi tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah. Beberapa kasus terjadi hingga meninggal. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi tempat bagi anak untuk menimba ilmu untuk terbentuknya akhlak dan rumah kedua yang aman dan nyaman bagi anak malah menjadi tempat pertama dalam terbentuknya kekerasan. Penanggulangan Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah Buku Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep) Karya: Abd. Rahman Assegaf bisa menjadi solusi bagi pakar pendidikan Islam karena menjelaskan secara detail mulai dari konsep kekerasan dalam pendidikan hingga memberikan solusi sesuai pendidikan Islam yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan membahas cara menanggulangi bullying dalam buku “Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep” Karya: Abd. Rahman Assegaf. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan penekanan pada pembahasan isi yang terkandung dalam buku. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dianalisis dengan cara konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bullying atau biasa disebut dengan kekerasan dalam pendidikan didefinisikan sebagai tindakan menggunakan tenaga dan kekuatan untuk melukai orang lain atau kelompok lain secara verbal, fisik ataupun secara psikologis dan menyebabkan korban merasa tertekan dan tak berdaya. Praktek bullying terjadi karena adanya pelanggaran yag disertai hukuman, buruknya sistem dan kebijakan pendidikan, pengaruh tayangan, dan lingkungan, bullying merupakan refleksi dari pergeseran kehidupan yang cepat, faktor sosial ekonomi. 2) penanggulangan bullying perspektif pendidikan Islam yaitu: menjelaskan pentingnya nilai humanisme dalam pendidikan Islam. Metode pendidikan Islam dengan cara metode amaliyah, metode amar ma’ruf nahi munkar, metode nasehat, metode kisah, metode uswah hasanah, metode hiwar, metode rihlah, metode tarhib wa targhib. Serta juga etika dalam pendidikan Islam yaitu sarat dengan nilai kasih sayang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 29 May 2017 07:29
Last Modified: 29 May 2017 07:29
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item