PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI MI ROUDLOTUZZAHIDIN TEGALARUM TAHUN AJARAN 2016/2017

Mir’atul, Farihah and Muh, Mahbub , M.Si (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI MI ROUDLOTUZZAHIDIN TEGALARUM TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
14. Mir'atul Farihah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran , Tahfidz Al Qur’an Sebagai umat islam, kita diwajibkan untuk dapat mengamalkan ajaran ajaran yang terdapat di dalam Al Qur’an. Termasuk dalam membaca serta menghafal Al Qur’an guba untuk menciptakan generasi yang islami. Untuk mengajarkan siswa belajar tahfidz diperlukan metode metode yang praktis agar siswa dapat menangkap pelajaran dengan baik. MI Roudlotuzzahidin adalah sekolah yang didirikan dibawah naungan Ma’arif NU yang disiapkan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak yang islami terutama cinta Al Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfidz di MI Roudlotuzzahidin Tegalarum tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif, melalui pendeketan deskriptif dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, interview dan dokumentasi, dengan subyek penelitiannya adalah guru tahfidz dan siswa. Sedangkan informan penelitian adalah Kepala sekolah dan guru selain pembelajaran Tahfidz.Teknik keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan Triangulai data atau sumber. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalahdalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz di MI Roudlotuzzahidin Tegalarum pada tahun ajaran 2016/2017 dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap pertamaadalah persiapan pembelajaran yang meliputi : Salam, membaca surat Al Fatihah, membimbing doa dan melafalkan Asmaul husna. Di MI Roudlotuzzahidin menerapkan beberapa metode dalam menghafal Al Qur’an, yaitu muroja’ahatau mengulang hafalan sebelumnya, Kitabah dengan cara menuliskan apa yang sudah dihafalkan, jama’dengan cara membaca beberapa ayat secara bersama sama dipimpin oleh guru. setelah dapat membaca dengan baik dan benar, kemudian dihafalkan. Terakhir metode sima’idengan cara menyimak atau mendengarkan ayat ayat Al Qur’an dari lisan maupun dari Alat Elektronik, namun dalam penelitian ini metode sima’i menggunakan alat Audio Visual ang berupa tape recorder. Ketigaevaluasidilakukandalam 3 waktuyaitu, evaluasi yang dilakukan pada tiap kali pertemuan, evaluasipertengah semester danevaluasi padaAkhir semester. Adapun penilaiannya meliputi Makhorijul Huruf, Mad, Waqof,dan tajwid. Sertafaktor pendorongnya adalah dari guru yang mengajarkan, orang tua yang selalu mngikuti dan memantau perkmbangan anak, dari lingkungan yang baik serta prestasiyang diperoleh siswa. Faktor penghambat yang dapat mempengaruhi tingkat minat dan motivasi siswa adalah tidak ada motivasi atau dukungan yang siswa peroleh baik dari orang tua maupun dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 29 May 2017 07:28
Last Modified: 29 May 2017 07:28
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item