PEMAKNAAN TILAWAH AL-QUR’AN SATU JUZ SATU HARI BAGI ANGGOTA KOMUNITAS ONE DAY ONE JUZ DI SOLO RAYA DAN SEKITARNYA SELAMA 2013-2017 (KAJIAN LIVING QUR’AN)

Anis, Tilawati and Dr. Hj., Erwati Aziz, M. Ag. and Dr. H., Moh. Abdul Kholiq Hasan, MA, M. Ed. (2017) PEMAKNAAN TILAWAH AL-QUR’AN SATU JUZ SATU HARI BAGI ANGGOTA KOMUNITAS ONE DAY ONE JUZ DI SOLO RAYA DAN SEKITARNYA SELAMA 2013-2017 (KAJIAN LIVING QUR’AN). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Tilawati.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANIS TILAWATI, Pemaknaan Tilawah Al-Qur‟an Satu Juz Satu Hari bagi Anggota Komunitas One Day One Juz di Solo Raya dan Sekitarnya selama 2013-2017 (Kajian Living Qur‟an). Penelitian yang dilakukan penulis dalam skripsi ini ialah kajian tentang fenomena masyarakat yang melakukan sebuah usaha untuk menghidupkan al-Qur‟an. Usaha tersebut merupakan suatu bentuk resepsi mereka terhadap Kitab Suci. Mereka adalah anggota Komunitas One Day One Juz (ODOJers) yang menjalani rutinitas tilawah al-Qur‟an satu juz satu hari. Adapun yang menjadi pokok permasalahan pada penelitian ini tidak lain ialah: (1) bagaimana ODOJers memaknai tilawah al-Qur‟an satu juz satu hari pada program ODOJ? dan (2) apa pengaruh yang dirasakan ODOJers selama menjalani tilawah al-Qur‟an satu juz satu hari pada program ODOJ? Tujuan dari penelitian ini tidak lain ialah untuk mengetahui pemaknaan dan pengaruh yang dirasakan ODOJers dari tilawah satu juz satu hari yang mereka jalani. Kedua hal tersebut kemudian dikemas dalam sebuah kajian Living Qur‟an. Data yang didapat peneliti adalah dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan utama yakni para ODOJers Solo Raya dan sekitarnya. Selain itu juga peneliti mencari data dari informan lain yakni para pengurus komunitas ODOJ. Populasi ODOJers sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, sehingga peneliti mengambil sampel dengan metode nonprobabilitas yakni 10% dari ODOJers Solo Raya dan sekitarnya yang dikategorikan sesuai latar belakang pendidikan atau pekerjaannya. Sangat jelas sekali bahwa penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori fenomenologi milik Husserl. Fenomenologi merupakan paradigma penelitian antropologi yang dapat digunakan untuk mengkaji sebuah kajian Living Qur‟an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ODOJers Solo Raya dan sekitarnya memaknai tilawah al-Qur‟an satu juz satu hari dengan dua pemaknaan yakni makna zahir dan makna batin. Makna zahir mencakup pemahaman mereka yang mengatakan bahwa tilawah sebagai suatu kewajiban, kebutuhan, dan rutinitas. Sedangkan makna batin meliputi tilawah sebagai motivasi hidup, penenang hati, sarana intropeksi diri, tanda syukur kepada Allah swt., dan tabungan amal di akhirat kelak. Kedua pemaknaan tersebut kemudian disaring untuk mendapatkan sebuah esensi yang terkandung di dalamnya yakni perpaduan antara aspek sakral dan profan. Tilawah satu juz satu hari yang mereka jalani mewujudkan sebuah budaya khataman al-Qur‟an dengan unsur-unsur kemodernan. Adapun pengaruh yang dirasakan oleh para ODOJers ialah terjalinnya silaturahmi dan kerukunan antar sesama muslim di seluruh Indonesia, tilawah menjadi obat jasmani dan rohani, hafal letak ayat-ayat al-Qur‟an sedikit demi sedikit, paham makna kalam Allah dan lebih mentadaburinya dalam kehidupan, istiqomah beribadah, pemanfaatan waktu dengan hal positif, dan aktifitas sehari- hari dimulai dengan hal yang baik. Pengaruh tersebut membuktikan bahwa tilawah melalui program ODOJ dapat diterima dengan baik dan merupakan suatu bentuk dari al-Qur‟an yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Kata kunci: One Day One Juz, Tilawah, Living Qur‟an, Fenomenologi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Tafsir Hadist
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Apr 2017 08:54
Last Modified: 27 Apr 2017 08:54
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item