STRATEGI MEDIA RELATIONS DALAM MEMELIHARA CITRA “SOLO: THE SPIRIT OF JAVA” (Studi Deskriptif Kualitatif pada Bagian Humas dan Protokol SETDA Kota Surakarta)

J., Setyo Bodro and Agus, Sriyanto, S.Sos, M.Si and Dr. Hj,, Kamila Adnani M.Si (2016) STRATEGI MEDIA RELATIONS DALAM MEMELIHARA CITRA “SOLO: THE SPIRIT OF JAVA” (Studi Deskriptif Kualitatif pada Bagian Humas dan Protokol SETDA Kota Surakarta). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Setyo Bodro.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK J. Setyo Bodro. NIM. 12.12.1.1.017. Strategi Media Reltions dalam Memelihara Citra Solo : The Spirit of Java (Studi Deskriptif Kualitatif pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta). Skripsi : Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakutas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta, Penelitian ini membahas tentang upaya pemeliharaan citra “Solo: The Spirit of Java”. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi media relations yang digunakan oleh Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta dalam memeliharan citra “Solo: The Spirit of Java”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan yang diwawancarai adalah Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, dalam memelihara citra “Solo : The Spirit of Java”, pihak Humas menggunakan strategi media relations. Strategi media relations yang dilakukan oleh Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta diantaranya yaitu mengelola relasi, dalam mengelola relasi Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta tidak hanya menjalin hubungan dengan wartawan saja, namun juga dengan pimpinan redaksinya; mengembangkan strategi, pihak humas terus menerus mengembangkan materi PR untuk media massa. Menunjuk beberapa staf pegawai Humas untuk mengikuti pelatihan- pelatihan yang berkaitan dengan PR, kameramen, fotografi, dan jurnalistik dengan tujuan Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta, memiliki kemampuan yang kredibel dalam dunia Humas, sehingga dalam menyediakan informasi maupun materi yang baik untuk media massa; mengembangkan jaringan, Bagian Humas dan Protokol Pemkot Surakarta menunujuk beberapa orang stafnya untuk merangkap menjadi petugas dalam hal berbagi berita, informasi, dan juga materi- materi seperti foto dan berita. Jadi misal terdapat wartawan media massa yang tidak bisa hadir atau terlambat dalam suatu acara Pemkot Surakarta, para wartawan bisa meminta hasil tentang liputannya kepada staf Bagian Humas dan Protokol Pemkot Surakarta, hal tersebut termasuk data-data dan foto-foto yang akan digunakan untuk publikasi maupun berita. Pihak Humas juga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Cheongseong, Korea Selatan. Kata kunci : Strategi Media Relations, Humas, Citra, Solo: The Spirit of Java

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 070 News media, journalism, publishing
300 Ilmu Sosial > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Apr 2017 05:34
Last Modified: 27 Apr 2017 05:34
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item