CITRA DIRI MAHASISWI IAIN SURAKARTA SEBAGAI PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Zakiyah, Zakiyah and Eny, Susilowati, S.Sos., M.Si. (2016) CITRA DIRI MAHASISWI IAIN SURAKARTA SEBAGAI PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
6. Zakiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zakiyah, NIM. 12.12.1.1.034, CITRA DIRI MAHASISWI IAIN SURAKARTA SEBAGAI PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2016. Teknologi menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam mempermudah setiap pekerjaan manusia pada saat ini. Salah satunya dalam hal komunikasi. Mudahnya setiap orang untuk berkomunikasi saat dimanapun dan kapanpun membawa dampak besar bagi kehidupan. Internet membuka jalan media baru untuk hadir di tengah masyarakat yang memberikan layanan kemudahan dalam berinteraksi serta berkomunikasi dengan sesama pengguna juga membawa pengaruh besar dan kemudian membentuk budaya baru dalam berkomunikasi. Media sosial merupakan suatu alat komunikasi online yang menjadi bagian penting dari membangun, menjalin atau memantapkan suatu hubungan interpersonal. Seperti media sosial instagram, media sosial ini dapat memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menjadi pembuat pesan tanpa melihat latar belakang budaya, usia, atau sosial bahkan gender. Tidak mengherankan jika media sosial sangat digandrungi oleh kalangan remaja ataupun dewasa apalagi kalangan mahasiswa yang merupakan sosok akademis, fleksibel dan pengalaman. Karena itu penelitian ini berfokus pada bagaimana mahasiswi IAIN Surakarta menampilkan citra dirinya dalam media sosial instagram. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif maksudnya adalah penelitian ini berfokus ppada mengemukakan gambaran atau pemahaman mengenai bagaimana dan mengapa suatu gejala komunikasi terjadi. Pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan beberapa sumber. Analisis data menggunakan sistem trianggulasi sumber yaitu mahasiswi IAIN Surakarta. Hasil penelitiaan ini adalah peneliti menemukan gambaran tentang citra diri mahasiswi IAIN Surakarta. Adapun citra yang ditampilkan oleh mahasiswa IAIN Surakarta adalah wish image artinya citra yang sesuai dengan keinginannya. Terbukti dengan rata-rata mahasiwi IAIN Surakarta menampilkan kegiatannya di media sosial instagram karena agar dapat nilai yang positif sesuai dengan keinginannya seperti : eksistensi dan cantik yang islami sesuai dengan kodrat atau ciri khas perempuan yang menyukai keindahan. kata Kunci : Citra Diri, Media Sosial, Instagram ABSTRACT Zakiyah, NIM. 12.12.1.1.034, SELF-IMAGE OF COLLEGE STUDENT IAIN SURAKARTA AS SOCIAL MEDIA USERS INSTAGRAM. Thesis, Department of Communication and Broadcasting Islam. Faculty of Islamic Theology and Da'wa. State Islamic Institute Surakarta. 2016. Technology becomes something needed in facilitating any human work, one of which is in terms of communication. The fact that it is now very easy for everyone to communicate anywhere and anytime brings a huge impact for life. The emergence of internet that opens the way for new media to be present in the community that provide easy services in interacting and communicating with fellow users also carries great influence and then forms a new culture of communication. Social media is an online communications tool that is becoming an important part in building, establishing or strengthening an interpersonal relationship. One of them is Instagram, social media that can provide an opportunity for someone to become a maker of messages regardless of cultural background, age, social or even gender. It is not surprising that this social media is very well-known and used by teenagers or adults. This study focuses on how the students of IAIN Surakarta displays their images in social media Instagram. This research conducted by the researcher in this study used a qualitative descriptive approach. It means that the study focuses concealment suggests an idea or understanding of how and why a symptom of communication occurs. The data were taken from observations, interviews, and documentation with multiple sources. The analysis of the data used triangulation resources system which are the female students of IAIN Surakarta. The result of this researchers found a picture of the self-images of the students of IAIN Surakarta. While the images displayed by the students of IAIN Surakarta were a wish image, which means that the image is in accordance with her wishes. It is proven that the average of female students of IAIN Surakarta were featuring social media activities on Instagram in order to be considered having positive values in accordance with their wishes like: existant and islamic beautiful like on to the nature or characteristic of women who love beauty. Key words: Self Image, Social Media, Instagram

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Social intercd /ction
300 Ilmu Sosial > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:36
Last Modified: 27 Apr 2017 04:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item