Mustofa, Kholid Khamdan and Hakiman, Hakiman (2022) PENDIDIKAN JASMANI DALAM KITAB AT-TAHLIYYAH WA TARGHIB KARYA SAYYID MUHAMMAD DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.
Text
163111186 Full Text - Santri Underground.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Kholid Khamdan Mustofa (163111186) “Pendidikan Jasmani dalam Kitab AtTahliyyah Wa At-Targhib Karya Sayyid Muhammad dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam”. Skripsi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Kata kunci: Pendidikan, Jasmani, Kitab At-tahliyyah wa at-targhib, Islam. Pendidikan jasmani sangat dibutuhkan oleh setiap manusia dalam meningkatkan kualitas diri, karena manusia yang berkualitas dan profesional dituntut memiliki kemampuan jasmani yang sehat, rohani yang baik dan pengetahuan yang luas. Pendidikan jasmani secara tidak sengaja banyak diabaikan di lembaga pendidikan Islam. Karena masih banyak yang terfokus pada pendidikan rohani saja, sehingga melupakan pendidikan jasmani. Kitab At-tahliyyah wa at-targhib merupakan kitab yang banyak dikaji di pesantren-pesantren. Kitab ini berisi tentang nasihat-nasihat jiwa dan jasmani, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih lanjut tentang pendidikan jasmani dalam kitab At-Tahliyyah wa attarghib dan mengetahui implikasinya dalam pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (Library research) yaitu riset kepustakaan murni dalam artian data-data yang diperoleh melalui penggalian dan penelitian sejumlah literatur berupa buku-buku dan sumber lainnya yang dinilai mempunyai hubungan dan dapat mendukung pemecahan masalah. Sumber yang digunakan ini terbagi menjadi dua, yaitu sumber primer dari kitab atTahliyyah wa at-targhib dan sumber sekunder dari artikel maupun buku-buku yang mendukung penelitian. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi yaitu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen yang terkait dengan isi. Kemudian teknik triangulasi data, yaitu pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu, untuk melakukan pengelolaan atau sebagai perbandingan terhadap data untuk menganalisis dan mengembangkan datadata yang telah dikumpulkan. Analisis yang digunakan dalam menganalisis data ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil analisis dari penelitian ini adalah bentuk pendidikan jasmani yang terdapat dalam kitab at-tahliyyah wa at-targhib adalah mengikuti aturan kesehatan dalam berpakaian, mengikuti aturan kesehatan tentang tempat tinggal, penjagaan terhadap kebersihan, pengobatan terhadap penyakit, membiasakan untuk olahraga dan mengatur pola makan dan minum. Dan implikasinya dalam pendidikan Islam adalah terlihat bahwa tujuan pendidikan Islam adalah membentuk Insan al-kamil. Tujuan tersebut bisa diinternalisasaikan dalam materi-materi seperti shalat, wudhu, dan masalah fikih. Sementara pendidik dapat menggunakan gerak sebagai ice breaking xiii dalam proses pembelajaran. Kemudian bagi peserta didik adalah memperhatikan dan mengaplikasikannya seperti menjaga kebersihan dan menjaga pola makannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Suwardi Abdullah |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4491 |
Actions (login required)
View Item |