PEMBACAAN TUJUH SURAT PILIHAN AL-QUR’AN DALAM TRADISI MITONI (Kajian Living al-Qur’an di Dusun Sumberjo, Desa Troso, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten)

Muhammad, Fauzan Nasir and Hj., Ari Hikmawati, S.Ag., M.Pd. and Dr., Islah Gusmian, M.Ag (2016) PEMBACAAN TUJUH SURAT PILIHAN AL-QUR’AN DALAM TRADISI MITONI (Kajian Living al-Qur’an di Dusun Sumberjo, Desa Troso, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzan Nasir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD FAUZAN NASIR, Pembacaan Tujuh Surat Pilihan Al- Qur’an Dalam Tradisi Mitoni : Kajian Living al-Qur’an di Dusun Sumberjo, Desa Troso, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten. Berinteraksi dengan al- Qur’an merupakan salah satu pengalaman yang berharga bagi seorang muslim. Ungkapan melalui lisan, tulisan sampai yang berupa tindakan, baik berupa pemikiran maupun pengalaaman spiritual. Termasuk pada pembacaan tujuh surat pilihan pada saat upacara tradesi mitoni di dusun Sumberjo. Meresepsi al-Qur’an dalam sebuah tradisi budaya merupakan upaya masyarakat dalam berintraksi dengan al-Qur’an. Resepsi tersebut menjadikan masyarakat sebagai bagian dalam menghidupkan al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini berbicara tentang dua masalah. Pertama, Bagaimana prosesi bacaan tujuh surat pilihan dalamal-Qur'an menjadi bagian integral dalam tradisi mitoni di dusun Sumberjo, desa Troso, kecamatan Karanganom, kabupaten Klaten? Kedua, Bagaimana pembacaan tujuh surat pilihan dalam al-Qur’an dalam tradisi mitoni difungsikan di dusun Sumberjo, desa Troso, kecamatan Karanganom, kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang diggunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber utama penelitian ini adalah ayat-ayat al-Qur’an yang dibaca dalam tradisi mitoni. lokasi penelitian berada di Dusun Sumberjo, Desa Troso, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Upacara mitoni merupakan upacara selamatan kandungan yang berusia tujuh bulan di dusu Sumberjo. dalam pelaksanaannya dibacakan surat surat pilihan dalam al-Qur’an. Ada stujuh surat yang dibaca pada saat upacara mitoni, yakni surat Yusuf, Maryam, Luqman, Sajadah, al-Waqi’ah, al-Rahman, dan Muhammad. Ada tiga fungsi yang ditemukan dalam resepsi pembacaan tujuh surat pilihan pada saat upacara mitoni, yaitu al-Qur’an dipandang sebagai kitab suci, sebagai obat dan sebagai sarana perlindungan. Pembacaan tujuh surat dalam tradisi mitoni merupakan praktek keberagamaan masyarakat Sumberjo dalam meresepsi al-Qur’an sebagai bagian dalam kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
2x Islam > 2x9 Sejarah, Islam dan Modernisasi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Tafsir Hadist
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:01
Last Modified: 27 Apr 2017 04:01
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item