PENERAPAN PROGRAM TRANSIT HOUSE DALAM REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA, ALKOHOL, DAN ZAT ADIKTIF DI MADANI MENTAL HEALTH CARE JAKARTA TIMUR

Muhammad, Hafidz Qodaruddin and Dr. H., Lukman Harahap, S.Ag., M.Pd and Nur, Muhlashin, S.Psi., M.A (2016) PENERAPAN PROGRAM TRANSIT HOUSE DALAM REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA, ALKOHOL, DAN ZAT ADIKTIF DI MADANI MENTAL HEALTH CARE JAKARTA TIMUR. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Muh. Hafidz.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Hafidz Qodaruddin (261012013), Agustus 2016. Penerapan Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Naza di Madani Mental Health Care Jakarta Timur. Skripsi: Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Surakarta. Kata Kunci: Rehabilitasi, NAZA (Narkotika, Alkhohol, Zat Adiktif) Indonesia telah memasuki situasi darurat narkoba, dalam situasi ini Indonesia terancam kehilangan generasi muda yang produktif. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh perilaku penyalahgunaan narkoba (NAZA) sangat merugikan dari segi individu, keluarga, masyarakat dan negara. Maka dari itu upaya yang dilakukan negara agar tidak kehilangan generasi muda produktif dengan memberikan layanan rehabilitasi sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan rehabilitasi korban penyalahgunaan NAZA di Madani Mental Health Care di Jakarta Timur dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses rehabilitasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mempelajari dinamika penerapan rehabilitasi korban penyalahgunaan NAZA di Madani Mental Health Care di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari subjek. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling, yaitu terapis yang ada di Madani Mental Health Care. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan penerapan rehabilitasi korban penyalahgunaan naza di lembaga Madani Mental Health Care. Rehabilitasi merupakan upaya memulihkan dan mengembalikan kondisi para mantan penyalahguna/ketergantungan NAZA kembali sehat dalam arti sehat fisik, psikologik, sosial dan spiritual/agama (keimanan). Dalam pemberian bantuannya menggunakan pembinaan berbasis masyarakat (community base) dengan pendekatan holistic Bio-Psiko-Sosio-Spiritual (BPSS). Penerapan Rehabilitasi bagi pasien NAZA yang diterapkan dengan menggunakan terapi medik-psikiatrik, terapi psikososial, terapi psikoreligius, dan terapi pilihan. Terapi ini dilakukan secara langsung baik personal maupun kelompok. Kelebihan dari proses penerapan rehabilitasi ini terlihat bahwa proses penerapan yang diberikan Madani bersifat holistik yakni tidak hanya satu terapi saja melainkan beberapa terapi. Hasil yang diperoleh dari terapi holistik ini pun mampu meminimalisir gejala- gejala NAZA yang terjadi pada pasien NAZA dan membantu proses penyembuhan secara total. Sedangkan, kelemahan atau penghambat dari proses pelaksanaan terapi ini terletak pada kondisi pasien yang cenderung labil, hal ini disebabkan adanya efek timbul dari mengkonsumsi obat-obatan (NAZA) dan kurangnya sumber daya manusia yang profesional dalam menangani pasien NAZA.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 600 Teknologi > 610 Medical sciences Medicine
600 Teknologi > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Apr 2017 08:08
Last Modified: 26 Apr 2017 08:08
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item