ANALISIS FAKTOR PERTIMBANGAN DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT SURAKARTA TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARI’AH MANDIRI

Faradilla, Novita Asri and Awan, Kostrad Diharto, S.E., M.Ag (2017) ANALISIS FAKTOR PERTIMBANGAN DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT SURAKARTA TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARI’AH MANDIRI. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Faradilla Novita.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT This study was aimed to analyze factors considered by customers to choose tosave money in Bank Syariah Mandiri and determine the level of people’s knowledge on Bank Syariah Mandiri. Factors of consumer consideration were adopted from CARTER dimensions. The research subjects were individual customers using the services of Bank Syariah Mandiri in Surakarta. This study used a sample of 170 respondents collected by Cluster Random Sampling technique. The data analysis methods were descriptive statistical and factor analysis methods. The analysis result concludes that there were six factors considered by customers in choosing to save money in Bank Syariah Mandiri, i.e.: factor compliance, factor assurance, factor reliability, factor tangible, factor empathy, and factor responsiveness. Factor empathy is the most important factor for customers in selecting syariah bank. Customers’ knowledge on syariah bank is limited. Most respondents only know about profit sharing and the procedure of opening an account in Bank Syariah Mandiri. Terms and products of syariah banking such as mudharabah, musyarakah, murabahah and ijarah weren’ t widely known and understood by customers. Keywords: CARTER dimension, customer consideration and customer knowledge ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah untuk memilih menabung di Bank Syariah Mandiri dan mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai Bank SyariahMandiri. Faktor pertimbangan konsumen diadopsi dari dimensi CARTER. Subyek penelitian adalah konsumen individu yang menggunakan jasa Bank Syariah Mandiri di kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan sampel 170 responden yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis faktor. Hasil analisis menyimpulkan bahwa ada enam faktor yang menjadi pertimbangan konsumen memilih menabung di Bank Syariah Mandiri antara lain: factor compliance,factor assurance,factor reliability,factor tangible,factor empathy, dan faktor responsiveness. Faktor empathy merupakan faktor yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih bank syariah. Pengetahuan konsumen terhadap bank syariah masih terbatas, sebagian besar responden hanya mengetahui tentang bagi hasil dan prosedur pembukaan rekening/ tabungan di Bank Syariah Mandiri. Sedangkan istilah-istilah dan macam produk perbankan syariah seperti mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah masih belum diketahui dan dimengerti oleh konsumen Kata kunci: dimensi CARTER, pertimbangan konsumen dan pengetahuan konsumen

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Apr 2017 04:13
Last Modified: 07 Apr 2017 04:13
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item