PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH WANITA DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGKAT SD/MI DI KELURAHAN WARU, BAKI, SUKOHARJO

Purnomo, Jati and Drs., Basuki Rahardjo, M.S (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH WANITA DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGKAT SD/MI DI KELURAHAN WARU, BAKI, SUKOHARJO. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Purnomo Jati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to determine the influence of woman headmaster leadership and the teachers' work againts improvement quality/education quality. The populations in this study was the teachers who teach SD/MI in Waru region and lead by woman headmaster in total 54. The Sampling technique used was convenience sampling were 50 respondents. There are two variables in this study, they are dependent Variable and independent variable. The dependent variable was Improvement quality/education quality(y). For the independent variable were Leadership (x1),and teachers' work (x2). The analysis method used multiple linear regression analysis. Quantitative research method. For the data used IBM SPSS Statistics 20.0. The result of this study showed that partially positive and significant influence againts improvenent quality/education quality was the leadership and teachers' work variable. The variable most dominant influence was leadership. Keywords: leadership, teachers' work, improvement quality/education quality ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah wanita dan kinerja guru terhadap peningkatan kualitas/mutu pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru yang mengajar di SD/MI di kelurahan Waru yang di pimpin kepala sekolah wanita yang berjumlah 54. Teknik pengambilan sampel menggunakan Convenience sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 50 responden. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Untuk variabel dependen (y) dari penelitian ini adalah peningkatan mutu/ kualitas pendidikan. Untuk variabel independen (x) meliputi: kepemimpinan (x1), dan kinerja guru (x2). Untuk metode analisis data dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk olah data dengan mengunakan program IBM SPSS Statistik 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu/kualitas pendidikan adalah variabel kepemimpinan dan kinerja guru. Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah kepemimpinan. Kata Kunci :Kepemimpinan, kinerja guru, peningkatan mutu/kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Apr 2017 07:14
Last Modified: 03 Apr 2017 07:14
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item