PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Maulidina, Rahmanita and Moh., Rifqi Khairul Umam, S.E.,MM (2017) PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Maulidina Rahmanita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study is to determine the Effect of promotion cost and production cost on net profit with sales volume as an intervening variable. The study in PT. Unilever Indonesia. Sampling technique used is purposive sampling. The sample of this study is cost promotion, cost production, sales volume and net profit of PT. Unilever Indonesia in the year 2006-2015. The dependent variable (Y) in this study is net profit. The independent variable (X) include: promotion cost (X1) and production cost (X2) and the intervening variable is (Z) sales volume. Methods of data analysis used is path analysis with IBM SPSS statistical program 21. The results of this study indicate that in partial promotion cost positive and significant effect on the net profit of the test results thitung 4,576 > 2022 ttabel and variable production cost significant and positive effect on net profit of the test results thitung 3,114 > 2022 ttabel. Sobel test from the first equation with the promotion cost variable affect on net profit with sales volume as an intervening variabel is thitung 2,954 > 2,022 ttabel. It can be concluded that there is effect of mediation. While of the second production cost variable influence on net profit with sales volume as an intervening variabel is thitung 2,413 > 2,022 ttabel., it can be concluded that there is effect of mediation. Keyword: Promotion Cost, Production Cost, Sales Volume, Net Profit. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya produksi terhadap laba bersih dengan volume penjualan sebagai variabel intervening. Studi dilakukan pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah biaya promosi, biaya produksi, volume penjualan dan laba bersih PT. Unilever Indonesia Tbk pada tahun 2006-2015. Variabel dependen (Y) pada penelitian ini adalah laba bersih. Variabel independen (X) meliputi: biaya promosi (X1) dan biaya produksi (X2) dan variabel intervening (Z) adalah volume penjualan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis jalur dengan program IBM SPSS statistik 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dari hasil pengujian thitung 4,576 > ttabel 2022 dan variabel biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dari hasil pengujian thitung 3,114 > ttabel 2,022. Berdasarkan hasil rumus sobel test dari persamaan pertama variabel biaya promosi berpengaruh terhadap laba bersih dengan volume penjualan sebagai variabel intervening dengan nilai thitung sebesar 2,954 > ttabel 2,022, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh mediasi. Sedangkan dari persamaan kedua variabel biaya produksi berpengaruh terhadap laba bersih dengan volume penjualan sebagai variabel intervening dengan nilai thitung sebesar 2,413 > ttabel 2,022, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh mediasi Kata kunci: Biaya Promosi, Biaya Produksi, Volume Penjualan, Laba Bersih

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Apr 2017 07:14
Last Modified: 03 Apr 2017 07:14
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item