PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Industri Rotan Kecil dan Menengah di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo)

Fahmi, Sulus Hasanah and Indah, Piliyanti, S.Ag., M.S.I. (2016) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Industri Rotan Kecil dan Menengah di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Fahmi Sulus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study is to determine the Effect of market orientation and product inovation toward marketing performance small and medium rattan industry in Trangsan Gatak District of Sukoharjo. Sampling technique using simple random sampling method and obtained the sample of 42 respondent owners of small and medium rattan industry in Trangsan Gatak District of Sukoharjo. The dependent variable (Y) in this study is the performance marketing. The independent variable (X) include: market orientation (X1) and product innovation (X2). Methods of data analysis using multiple linear regression. As for the program if the data using IBM SPSS 21.0 statistical. The results of this study indicate that in partial market orientation positive and significant effect on the performance of the marketing of the test results thitung 4.310 > 1.628 ttabel and variable product innovation and significant positive effect on the performance of the marketing of the test results thitung 3,589 > 1,628 ttabel. While simultaneously variable market orientation and product innovation have a significant effect on the performance marketing. Influential variable is the most dominant market orientation. Keyword: Market Orientation, Product Inovation and Marketing Performance. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada industri rotan kecil dan menengah di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan simlpe random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 42 responden pemilik industri rotan kecil dan menengah di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Variabel dependen (Y) pada penelitian ini adalah kinerja pemasaran. Variabel independen (X) meliputi: orientasi pasar (X1) dan inovasi produk (X2). Metode analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Sedangkan untuk olah data dengan menggunakan program IBM SPSS statistik 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dari hasil pengujian thitung 4,310 > ttabel 1,628 dan variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dari hasil pengujian thitung 3,589 > ttabel 1,628. Sementara secara simultan variabel orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah orientasi pasar. Kata kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Apr 2017 07:14
Last Modified: 03 Apr 2017 07:14
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item