NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL KARTUN BORUTO: NARUTO NEXT GENERATION (CHUNIN EXAM ARC)

Asrori, Asrori and Siti, Choiriyah (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL KARTUN BORUTO: NARUTO NEXT GENERATION (CHUNIN EXAM ARC). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ASRORI_153111005_PENDIDIKAN_KARAKTER_DALAM_SERIAL_KARTUN_BORUTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Asrori, 2019, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Kartun Boruto: Naruto Next Generation (Chunin Exam Arc), Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Muh. Fajar Shodiq, M.Ag. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Serial Kartun Boruto: Naruto Next Generation (Chunin Exam Arc) Karakter adalah sesuatu yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lain dan merupakan tujuan tertinggi dalam pendidikan. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter sangat urgen untuk dilakukan demi kemajuan sebuah bangsa. Salah satu media yang dapat digunakan demimencapaihal tersebut adalah penggunaan media kartun. Permasalahan pada penelitian ini adalah serial kartun Boruto: Naruto Next Generation yang di dalamnya terdapat berbagai macam nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa dijadikan media dalam penanaman pendidikan karakter, namun nilai-nilai tersebut belum mampu ditangkap dengan baik oleh penikmat serial kartun tersebut.. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial kartun Boruto: Naruto Next Generation (Chunin Exam Arc) dan 2) relevansi serial kartun tersebut dengan tugas perkembangan masa remaja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer yaitu tayangan serial kartun Boruto: Naruto Next Generation dan sumber data sekunder yaitu buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis kajian isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa serial kartun Boruto: Naruto Next Generation merupakan serial kartun yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran pendidikan karakter. Hal tersebut disebabkan dalam serial kartun ini terdapat nilai-nilai pendidikan karakter.Ada tujuh macam nilai karakter, nilai-nilai tersebut adalah 1) disiplin, 2) kerja keras, 3) menghargai prestasi, 4) tanggung jawab, 5) percaya diri, 6) berpikir logis, kreatif, dan inovatif, serta 7) berani mengambil resiko. Selain itu, serial kartun Boruto: Naruto Next Generation juga memiliki relevansi dengan tugas perkembangan remaja yang dikemukakan oleh William Kay yaitu 1) menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya, 2) mencapai kemandirian emosional dari orang tua atau figur-figur yang memiliki otoritas, 3) mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal dan bergaul dengan teman sebaya, baik secara individual maupun kelompok, 4) menemukan manusia model yang dijadikan identitas pribadinya, 5) menerima dirinya sendiri dan memiliki kepercayaan terhadap kemampuannya sendiri, 6) memperkuat self- control atas dasar skala nilai, prinsip-prinsip, atau falsafah hidup, dan 7) mampu meninggalkan reaksi dan penyesuaian diri (sikap/perilaku) kekanak-kanakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:01
Last Modified: 26 Feb 2019 01:01
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item View Item