HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIN BAKI SUKOHARJO TAHUN 2018

Kartini, Reni (2018) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIN BAKI SUKOHARJO TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Reni Kartini (143141053). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Di MIN Baki Sukoharjo Tahun 2018, Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar Tinggi rendahnya perhatian orang tua adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa, dengan tingginya perhatian orang tua maka tinggi pula kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui seberapa tinggi tingkat perhatian orang tua pada siswa di MIN Baki Sukoharjo. 2) mengetahui seberapa tinggi tingkat kemandirian belajar siswa kelas IV di MIN Baki Sukoharjo. 3) mengetahui adakah hubungan yang positif antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas IV di MIN Baki Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Lokasi penelitian ini di MIN Baki Sukoharjo, yang dilaksanakan pada bulan September 2017 - Juli 2018. Populasi dalam penelitian adalah 105 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling. Uji normalitas perhatian orang tua berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel yaitu 0,0932 < 0,0966, sedangkan untuk kemandirian belajar siswa berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel yaitu 0,072 < 0,0966. Sehingga dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil uji hipotesis dengan rumus product moment diperoleh hasil perhitungan rhitung (0,631) > rtabel (0,213) jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) perhatian orang tua tergolong rendah 8,33%, kategori sedang 51,19%, dan kategori tinggi 40,48%. 2) kemandirian belajar siswa kelas IV di MIN Baki Sukoharjo yang berada pada kategori rendah 17,86%, kategori sedang 57,14%, dan kategori tinggi 25%. 3) dari hasil hipotesis menggunakan rumus product momentdiperoleh hasil rhitung sebesar (0,631) > dari rtabel (0,213) dengan koefisien determinasi = 39,9%, jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:01
Last Modified: 26 Feb 2019 01:01
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item View Item