Analisis Tanda Baca dalam Buku Pelajaran “Fasih Berbahasa Arab 1” untuk Siswa Mts Kelas VII Semester 1 yang Ditulis Oleh Darsono Dan T. Ibrahim

Jaitun, Siti Nur and Dr., Toto Suharto, S.Ag., M.Ag. (2018) Analisis Tanda Baca dalam Buku Pelajaran “Fasih Berbahasa Arab 1” untuk Siswa Mts Kelas VII Semester 1 yang Ditulis Oleh Darsono Dan T. Ibrahim. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SITI NUR JAITUN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Tanda Baca Bahasa Arab, Buku Pelajaran, Fasih Berbahasa Arab 1, MTs. Permasalahan penelitian ini adalah tanda baca dari segi penggunaannya dalam buku pelajaran fasih berbahasa arab 1 dan tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan tanda baca dalam buku pelajaran pelajaran “Fasih Berbahasa Arab 1” untuk siswa MTs kelas VII semester 1 yang ditulis oleh Darsono dan T. Ibrahim. Metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode dokumentasi atau Literatur dengan pendekatan kepada analisis konten. Sedangkan metode yang digunakan penulis dalam mengumpulkan data adalah wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan Trianggulasi dalam keabsahan datanyaa dengan judul ‘Analisis Tanda Baca Dalam Buku Pelajaran “Fasih Berbahasa Arab 1” Untuk Siswa Mts Kelas VII Semester 1 Yang Ditulis Oleh Darsono Dan T. Ibrahim’ dengan informannya adalah editor buku dan beberapa staff karyawan penerbit Tiga Serangkai. Hasil daripada penelitian ini adalah bahwasanya tanda baca yang diketahui pada umumnya ada 13 tanda baca dan keslahan pada umumnya yang didapati penulis dalam buku tersebut adalah kesalahan penggunaan tanda seru, tada koma, tanda titik dan kalimat tanpa tanda baca. Kesalahan tersebut dapat menyebabkan keguncangan atau kebingungan arti kalimat, kesalahan dalam memahami maksud kalimat dan kesulitan pembaca dalam membaca kalimat. Penulis mendapatkan 152 kesalahan tanda baca yang dapat menyebabkan kebingungan atau keguncangan arti kalimat, 44 ksalahan tanda baca yang dapat menyebabkan kesalahan dalam memahami maksud kalimat, dan 18 kesalahan tanda baca yang dapat menyebabkan kesulitan membaca bagi pembaca. Jadi, jumlah kesalahan keseluruhanya mencapai 209 kesalahan. Sebagauimana yang diketahui bahwa tanda baca tergantung pada konteks kebahasaan, akan tetapi penggunaan tanda baca dalam buku tersebut masih terbalik balik, tidak konsisten dan tidak berpegang pada satu kaedah penggunaan tanda baca. Oleh karena itu, jika penulis Indonesia ingin menulis bahasa Arab maka mereka harus berpegang pada tanda baca sebagimana yang telah ditentukan dalam konteks bahasa arab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:35
Last Modified: 25 Feb 2019 01:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3245

Actions (login required)

View Item View Item